Pengunjung posko Kesehatan Berkurang

Tagana-Pasang-Kasur-di-LAM-RIau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kondisi beberapa Posko Kesehatan di Pekanbaru seperti di depan Ramayana pusat, depan Purna MTQ dan Posko di LAM Riau tampak oleh sepi pengunjung. Hanya beberapa petugas medis dengan personil TNI yang berjaga di dalam posko.

 

Pengunjung hingga pukul 13.00 WIB siang di semua posko tidak lebih dari 10 orang. Menurut petugas posko jumlah masyarakat yang berobat di posko kesehatan mengalami penurunan. (KLIK: 54 Ribu Warga Riau Sakit Gara-Gara Asap)

 

Menurut Rahma salah satu dokter yang memeriksa, sejak awal Oktober ini memang mulai berkurang keluhan masyarakat terhadap penyakit ISPA.

 

"Kalau dibandingkan dengan rata-rata perhari di pertengahan September lalu, jumlahnya memang berkurang lumayan banyak. Kalau pertengahan September perhari bisa sampai 30an orang, awal Oktober ini hanya berkisar belasan saja," ujar Rahma kepada RIAUONLINE.CO.ID Sabtu (3/10/2015). (LIHAT: Bayi Perempuan Ini Korban Ganasnya Asap Sumatera)

 

Masyarakat yang melakukan pemeriksaan kesehatan di posko kesehatan tidak semuanya menderita ISPA. Di beberapa posko misalnya ada penyakit yang memang tidak ada hubungannya dengan asap. Kendati demikian, tim medis tetap memberikan pertolongan medis.

 

"Ada yang sakit diare atau sakit demam datang ke posko ya tetap kita obati. Kebanyakan memang penderita penyakit pernapasan dan ISPA akibat asap. Penyakit hang tak bisa kita berikan pertolongannya di sini akan kita rujuk ke rumah sakit dengan menggunakan mobil ambulance yang ada," terang Rahmi.