Titik Panas Sumatera Melonjak 674

Kabut-Asap.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru menyebutkan satelit Tera dan Aqua memantau 674 titik panas di Sumatera. Jumlah tersebut jauh meningkat dari hari sebelumnya hanya 54 titik panas. Sumatera Selatan masih menjadi daerah penyumbang titik panas di Sumatera mencapai 607 titik.

 

"Titik panas terpantau pukul 05.00 pagi," kata Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin, Minggu, 27 September 2015.

 


Menurut Sugarin, Titik panas juga menyebar di lima daerah lainnya yakni Jambi 37 titik, Lampung 14 titik, Bangka Belitung sebelas titik, Kepulauan Riau satu titik. Sedangkan Riau terpantau empat titik panas. Adapaun titik panas di Riau terdapat di Siak empat titik. "Tingkat kepercayaan di atas 70 persen yakni empat titik panas," ujarnya. (KLIK: 70 Penerbagan Batal Gara-Gara Asap)

 


Sugarin menjelaskan, cuaca wilayah Riau secara umum cerah berawan diselimuti asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan disertai petir dan angin kencang terjadi di wilayah Riau bagian utara, tengah dan barat. "Temperatur maksimum 31.0-33.5 derjat calcius," katanya. (BACA: Kualitas Udara di Riau Berbahaya)

 

Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan turut mencemarai udara empat daerah Riau. Jarak pandang jauh di bawah ambang batas seperti Pekanbaru jarak pandang menurun hingga 100 meter, Rengat 100 meter, Pelalawan 200 meter dan Dumai 800 meter.