Aktual, Independen dan Terpercaya


Sekolah Diliburkan Gara-Gara Asap

kabut-Asap-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan di Riau membuat kualitas udara kian memburuk. Sejumlah sekolah di Riau terpksa diliburkan karena pecemaran udara akibat asap dalam kategori tidak sehat.

 

"Kami telah meliburkan aktivitas belajar di sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Zulfadil, Rabu ( 2/9/2015).

 

Menurut Zulfadil, aktivitas belajar terpaksa diliburkan untuk mengurangi resiko dampak paparan asap terhadap anak. Dinas Pendidikan Pekanbaru meliburkan semua sekolah mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas. Aktivitas belajar akan kembali dilaksanakan jika cuaca telah membaik. "Kami terus berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup untuk memantau kualitas udara," katanya.

 

Dinas Pendidikan Kabupaten Siak juga menghentikan seluruh aktifitas sekolah akibat daerah itu diselimuti asap. Libur sekolah berlangsung hingga kualitas udara membaik.

 

Kepala Dinas Pendidikan Siak Kadri Yafis menyebutkan, Indeks Standar Pencemaran Udara di wilayah Siak dan sekitarnya sepekan belakangan berada dalam kategori tidak sehat. Maka seluruh aktifitas belajar baik taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas terpaksa diliburkan untuk mengurangi resiko penyakit paparan asap terhadap anak. "Kualitas udara buruk," ujarnya.

 

Papan Indeks Standar Pencemaran Udara di Simpang Jalan Tuanku Tambusai menunjukkan kategori tidak sehat. Indeks Standar Pencemaran Udara berada pada angka 220 Psi.

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru menyebutkan, satelit Tera dan Aqua memantau 559 titik panas tersebar di Sumatera. Tiga daerah disebut penyumbang titik panas paling banyak yakni Sumatera Selatan 220 titik, Jambi 169 titik dan Riau 134 titik. Disusul Bangka Belitung 26 titik, Sumatera Barat enam titik dan Lampung empat titik.

 

"Titik panas terpantau sejak pukul 05.00 pagi," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin.

 

(BACA JUGA: Sampai Siang, 13 Pesawat Delay Gara-Gara Asap

 

Untuk wilayah Riau, titik panas tersebar di sejumlah kabupaten\kota yakni Pelalawan 46 titik, Kampar 13 titik, Kuantan Singingi 11 titik, Indragiri Hilir 29 titik, Indragiri Hulu 21 titik, Siak empat titik, Rokan Hulu tiga titik, Rokan Hilir dua titik, Bengkalis tiga titik, Dumai satu titik dan Meranti satu titik.

 

"Tingkat kepercayaan di atas 70 persen atau 98 titik," jelasnya.

 

Kabut asap turut mengganggu jarak pandang di beberapa wilayah di Riau seperti Pekanbaru jarak pandang menurun hingga 500 meter, Pelalawan 400 meter, Dumai 700 meter dan Rengat 800 meter.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline