Jelang Kedatangan Presiden, Kejahatan hingga Laka Lantas Marak di Pekanbaru

Ilustrasi-penangkapan8.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aksi kejahatan, pencurian kendaraan bermotor (curanmor), kecelakaan lalu lintas (laka lantas) hingga kasus peredaran narkoba masih marak terjadi di Kota Pekanbaru. Padahal dalam waktu dekat, Presiden Joko Widodo akan berkunjung ke Kota Bertuah.

Dalam pekan ini saja, polisi terpaksa menembak mati seorang residivis pencurian yang menabrak warga dan aparat. Kemudian, seorang mahasiswa yang mengedarkan sabu ditangkap di Jalan Ahmad Yani.

Rabu, 29 Mei 2024, sekitar pukul 02.00 WIB, oknum TNI menabrak remaja 15 tahun hingga tewas di Jalan Sutomo.

Berikut sejumlah kejahatan yang terjadi di Pekanbaru dalam sepekan terakhir menurut catatan RIAU ONLINE:

1. TO pelaku curas ditembak mati

Target Operasi (TO) pelaku curat, Rusmin Mario (39 tahun), berakhir tewas setelah ditembak oleh Satreskrim Polresta Pekanbaru Jumat, 24 Mei 2024, malam.

Pelaku dihadiahi timah panas setelah membahayakan nyawa petugas dan masyarakat umum di Jalan Jenderal Sudirman dengan menabrakkan kendaraannya Daihatsu Sigra warna hitam dengan nomor polisi BM 1385 AE.

"Saat mau ditangkap, pelaku bukannya menyerah, ia malah menabrak mobil operasional tim dan menabrak kendaraan warga lalu menyeretnya," ujar Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra.

Aksi kejar-kejaran antara polisi dan pelaku sempat berlangsung di Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Jenderal Sudirman. Hingga akhirnya, polisi terpaksa menembak mati pelaku.


2. Mahasiswa di Pekanbaru bawa sabu ditangkap

Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Riau menangkap seorang mahasiswa  semester akhir inisial GU alias Ganda (23 tahun) di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Kamis, 23 Mei 2024.

Dari hasil penggeledahan, ditemukan barang bukti narkotika jenis pil ekstasi sebanyak 4.750 butir dalam mobil milik pelaku.

Dirnarkoba Polda Riau, Kombes Manang Soebeti mengatakan penangkapan Ganda berawal dari informasi masyarakat tentang adanya seorang pria yang memiliki dan menyimpan pil ekstasi.

"Hasil penjualan narkoba buat biaya kuliah dan untuk kebutuhan sehari-hari," ujar Ganda Dirnarkoba Polda Riau, Kombes Manang Soebeti, Senin, 27 Mei 2024.

Ganda mengaku memperoleh 4.750 butir pil ekstasi tersebut dari seseorang berinisial AM yang saat ini ditetapkan sebagai DPO.

"Pelaku mengaku barang haram tersebut didapat dari saudara A yang saat ini kita tetapkan sebagai DPO," kata Manang.

3. Laka Lantas mobil vs motor di Jalan Sutomo

Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) melibatkan satu unit mobil minibus dengan motor terjadi di Jalan Sutomo, Pekanbaru, Senin, 27 Mei 2024.

Hingga saat ini, kasus tersebut tengah diselidiki pihak Satlantas Polresta Pekanbaru dan melakukan sejumlah penyelidikan.

Tak hanya itu, sebelumnya juga sempat terjadi aksi balap liar di Jalan Sudirman dan Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. 

Sementara itu, ratusan personel gabungan dari aparat keamanan bakal mengawal kunjungan kerja Presiden Jokowi di Pekanbaru sebelum bertolak ke Kota Dumai untuk menghadiri Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024.

“Brimob Riau siap amankan kunker Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo di Provinsi Riau baik Pam lokasi maupun Pam jalur” kata Kombes Pol Dwi.