Digadang-gadang 3 Menteri Hadir, Hanya Menhub Hadiri Gebyar BBI/BBWI Riau

Menhub-hadiri-Gebyar-BBWIBBWI.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pembukaan Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) yang digelar di Halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, berlangsung meriah pada Jumat, 3 Mei 2024 malam. 

Akan tetapi, agenda yang digadang-gadang akan dihadiri oleh tiga menteri ini rupanya hanya dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Sementara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dipastikan batal hadir dan hanya diwakili oleh seorang jajarannya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, alasan kedua menteri tidak dapat hadir dikarenakan masalah kesehatan dan tugas negara yang tidak bisa ditinggalkan.

"Pak Menko Marves, dikarenakan kondisi kesehatannya, akhirnya diwakili oleh Pak Deputi. Kemudian untuk Pak Mendagri, diwakili oleh dirjen dan staf khususnya, karena mendapatkan tugas dari Pak Presiden, sehingga berhalangan hadir," ujarnya, Sabtu 4 Mei 2024.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi akhirnya menjadi satu menteri yang hadir secara langsung dan membuka Gebyar Gernas BBI/BBWI Provinsi Riau pada malam kemarin. 


Dalam kesempatan itu, Menteri Perhubungan mengapresiasi Gebyar BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival di Riau yang menampilkan berbagai UMKM, kegiatan dan hiburan yang menarik perhatian. 

Apalagi, acara ini juga menampilkan 10 ribu penari lancang kuning hingga mendapatkan rekor MURI, artis papan atas, hingga ratusan insan UMKM dan Ekonomi Kreatif. 

"Saya hari ini salut bangga, bagaimana masyarakat Riau yang begitu antusias mampu menggelar acara yang bagus ini. Kementerian Perhubungan. Saya apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Riau dan masyarakat Riau. Mampu mengemas Gebyar BBI BBWI dan Lancang Kuning Carnival dengan sangat bagus sekali. Acara ini bukan kelas nasional lagi, tetapi sudah bertaraf internasional," ungkap Budi Karya. 

Budi Karya mengajak semua pihak untuk mendukung pelaku UMKM dan pariwisata daerah. Menurutnya, sudah seharusnya pemangku kepentingan memperkuat kolaborasi untuk menjadi kunci keberhasilan kemajuan bangsa.

"Kita harus konsisten, kita harus kolaborasi dan kita harus bangga dengan apa yang kita lakukan. Oleh karenanya saya mengajak bahwa semua pihak, adik-adik dan para pejabat mendukung yang namanya UMKM, mendukung pariwisata daerah, karena itu adalah kebanggaan yang bisa kita banggakan bersama," pungkasnya.