2 Pekan Pasca Libur Lebaran, Pemko Pekanbaru Belum Buka CFD

CFD-di-sudirman-pekanbaru1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aktivitas di Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kota Pekanbaru belum digelar. Sudah dua pekan aktivitas CFD belum dibuka pasca Idulfitri 1445 H.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso menyampaikan bakal memberi informasi kepada masyarakat ketika penerapan HBKB dilanjutkan. Ia memastikan penerapan HBKB bakal berlanjut dalam waktu dekat.

"Untuk saat ini memang belum, tapi dalam waktu dekat segera kita informasikan," ujarnya, Senin 22 April 2024.

Ia menjelaskan, penerapan HBKB dihentikan hingga saat ini seiring momen Idulfitri 1445 H. Menurutnya, dengan adanya perayaan hari besar keagamaan aktivitas di HBKB Kota Pekanbaru memang dihentikan untuk sementara.


"Kemarin kami mempertimbangkan masyarakat yang masih berlibur dan berlebaran," kata Yuliarso.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih melakukan evaluasi terkait penyelenggaraan CFD. Evaluasi dilakukan untuk memperkuat koordinasi antar OPD dan pelaku UMKM yang berdagang di lokasi tersebut.

CFD Pekanbaru biasanya digelar setiap hari Minggu pagi dari jam 07.00 WIB sampai jam 09.00 WIB. Masyarakat Pekanbaru bisa berolahraga, rekreasi, kegiatan sosial, dan menikmati beragam kuliner yang dijajakan oleh pelaku UMKM.

Penerapan CFD di Kota Pekanbaru berlangsung sejumlah ruas jalan. Lokasinya yakni di pusat Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gajah Mada dan, Jalan Cut Nyak Meutia, dan Jalan Cut Nyak Dien.