Jorok, Sampah Menyumbat Parit Sepanjang Jalan Arifin Ahmad Bikin Banjir

Pengerukan-sampah-di-parit-arifin-ahmad.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Petugas kebersihan masih menemukan banyak sampah menumpuk di dalam parit. Kondisi tersebut menjadi penyebab tersumbatnya aliran air dalam parit.

Pasukan kuning dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru mendapati banyak sampah menumpuk di dalam parit sepanjang Jalan Arifin Ahmad, Kota Pekanbaru.

Banyak sampah kemasan hingga sedimen lumpur yang membuat parit tidak berfungsi dengan baik. Sampah yang menyumbat parit menjadi satu penyebab banjir kerap menggenangi jalan itu saat hujan deras.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah mengatakan, pihaknya telah melakukan normalisasi parit di ruas jalan itu. Mereka juga melakukan pengerukan di parit seberang Jalan Paus dengan satu unit alat berat.


Pihaknya sudah melakukan pengerukan tiga hari untuk mencegah adanya sampah menumpuk di dalam parit. Upaya ini untuk mencegah terjadinya banjir di kawasan itu.

"Kita sudah lakukan pengerukan parit di Jalan Arifin Ahmad beberapa hari ini, untuk mencegah terjadinya banjir," jelasnya, Jumat 18 April 2024.

Pihaknya pun berupaya melakukan normalisasi terhadap parit di kawasan itu secara bertahap. Ia pun mengimbau masyarakat maupun pedagang di sekitar jalan itu agar tifak membuang sampah dalam parit.

Parit yang tidak berfungsi menyebabkan genangan banjir di ruas jalan jadi tinggi. Edward menyebut bahwa petugas menyisir parit di sisi kanan dan sisi kiri jalan sepanjang tiga kilometer.

"Jadi parit yang dikeruk di sisi kiri dan kanan jalan, kita lakukan bertahap agar tidak ada banjir menggenang," tandasnya.