Prabowo-Gibran Menang di Riau, Selisih 500 Ribu dari Anies

Prabowo-bersama-Rusli-Zainal2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rekapitulasi perolehan suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (PPWP) tingkat Provinsi Riau telah rampung dilaksanakan KPU, Sabtu, 9 Maret 2024.

Hasilnya, pasangan calon (Paslon) nomor urut 02, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Rakabuming unggul dari Paslon lain.

Pasangan 02 tersebut meraih total 1.931.113 suara posisi kedua, diraih Paslon nomor urut 01, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dengan raihan 1.400.093 suara.

Sementara, pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo - Mahfud MD meraih 357.298 suara.

Adapun suara sah pemilih se-Provinsi Riau untuk PPWP adalah 3.688.504 suara.


Sedangkan suara tidak sah mencapai 60.426 suara. Total suara sah dan tidak sah 3.748.930.

Pengamat komunikasi Politik Riau Aidil Haris menilai kemenangan pasangan Prabowo - Gibran tidak terlepas dari peran mantan Gubernur Riau Rusli Zainal. Sejak Rusli Zainal ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pembina Tim Kampanye Daerah (TKD) dan  mendeklarasikan dukungan pasangan Prabowo - Gibran elektabilitas Prabowo - Gibran di Riau meningkat.

"Saya kira kemenangan prabowo - Gibran di Riau karena dukungan dari mantan Gubernur Rusli Zainal, ternyata RZ effect masih kuat di Riau," ujar Aidil Haris Pengamat Politik Riau, Sabtu, 9 Maret 2024.

Menurut Aidil Haris, nama Rusli zainal masih harum dikalangan masyarakat Riau. Hal ini tidak terlepas dari pembangunan infrastruktur yang dilakukannya selama menjabat sebagai Gubernur Riau dua periode. 

"Seperti pembangunan jalan tol Pekanbaru Dumai, itukan dimulai di masa beliau Gubernur dan akhirnya diselesaikan pada Pemerintahan Jokowi, ini besar dampaknya pada dukungan Prabowo - Gibran," ujar Aidil Haris. **