Rekapitulasi Suara Belum 100 Persen, Idris Laena: Caleg Belum Boleh Klaim Kemenangan

Idris-Laena-Golkar.jpg
(https://www.mpr.go.id/)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Riau II Idris Laena dari Partai Golkar meminta caleg tidak sembarang mengeklaim kemenangannya. Pasalnya, rekapitulasi hasil penghitungan suara saat ini belum mencapai 100 persen.

Hal ini ia sampaikan pasca klaim kemenangan dari Ketua DPRD Riau Yulisman pada perebutan kursi DPR RI Dapil Riau II. Sebelumnya, Yulisman mengklaim sudah mengantongi C1 dan memimpin perolehan suara di partai Golkar.

"Secara etis belum ada satu orang caleg pun yang boleh mengeklaim dirinya menang. Saya berharap, pemilu ini terlaksana dengan jujur dan adil sehingga kontestan pemilu, mendapat hasil yang sebenarnya,"ujarnya, Selasa, 20 Februari 2024.

Ia menjelaskan, quick count KPU saat ini memang menunjukkan Yulisman masih memimpin perolehan suara. Sedangkan dirinya berada di posisi kedua, yang akan bersaing mendapatkan kursi DPR RI Dapil Riau II di Senayan.


Akan tetapi, posisi tersebut belum dapat dipastikan ketetapannya. Oleh karenanya, ia meminta agar semua Caleg menahan diri hingga hitungan suara selesai 100 persen.

Pihaknya juga optimis masih akan mendapatkan perolehan suara tinggi dari Indragiri Hilir (Inhil) yang merupakan basis pendukungnya.

"Kita masih optimis, karena yang dari basis kita juga belum masuk," pungkasnya.