Lulus Seleksi Administrasi, Calon Guru SMAN Plus Riau Jalani Tes Akademik

Kadisdik-pantau-tes-akademik-guru1.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tahapan asesmen untuk guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Plus Provinsi Riau terus bergulir. Para guru yang lulus administrasi kini menjalani seleksi akademis (profesional dan pedagogik) melalui Computer Best Test (CBT).

Tahapan tes akademik berlangsung dua hari, yakni, Sabtu 17 Februari dan Minggu, 18 Februari 2024. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau, Tengku Fauzan Tambusai meninjau langsung tahapan tes akademik yang berlangsung di SMAN 8.

"Pelaksanaan asesmen untuk guru-guru di SMAN Plus pelaksanaannya di SMAN 8 secara transparansi," ujar Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan, Disdik Riau, Faizal Ahmad Dingin.

Ia menyampaikan, adanya asesmen guna peningkatan mutu pendidikan di SMAN Plus Riau. Apalagi SMAN Plus memang sudah menjadi trade mark atau best marking dalam dunia pendidikan.

"Kadis menyampaikan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMAN Plus perlu diadakan asesmen guna menghasilkan guru-guru berkualitas, karena SMA ini merupakan sekolah andalan Pemerintah Provinsi Riau," ujarnya.


"Namun ini bukan berarti mengecilkan SMA lainnya yang ada di Riau. Semua juga bagus, akan tetapi, SMAN Plus masuknya anak-anak terbaik Riau, maka gurunya juga yang terbaik supaya menghasilkan putra putri terbaik," sambungnya.

Lebih jauh Faizal menyampaikan, ada empat tahapan yang dilalui para calon guru. Selain tes akademik, mereka akan melewati tahapan psikotes, tes wawancara dan tes mengajar.

Hasil tes CBT diumumkan, Senin 19 Februari, psikotes 20 Februari, wawancara 21 hingga 23 Februari, seleksi praktik mengajar 21 hingga 23 Februari dan pengumuman hasil 26 Februari 2024.

Adapun yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berjumlah 48 peserta. Mereka merupakan guru-guru SMA/SMK negeri di 12 kabupaten kota seluruh Provinsi Riau. 18 orang di antaranya merupakan guru dari SMAN Plus Riau.

Puluhan guru tersebut terus diseleksi hingga bisa mengajar di sekolah favorit yang berada di Jalan Kubang Raya, Kec. Siak Hulu, Kabupaten Kampar itu. Proses seleksi atau asesmen sudah bergulir sejak 1 Februari 2024 sampai tanggal 6 Februari 2024.

Seleksi ini terbuka bagi guru yang mengajar di satuan pendidikan menengah, SMA/SMK/SLB. Mereka yang mendaftar harus berstatus PNS, dengan masa kerja minimal 10 tahun, kualifikasi pendidikan minimal S1, dan usia maksimal saat mendaftar yakni 45 tahun.