Catat, Pelunasan Biaya Perjalanan Haji 2024 Bagi Jamaah Pekanbaru Diperpanjang

Jamaah-haji-tawaf.jpg
(Foto: Wahyu Putro A/ANTARA FOTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabar gembira bagi para calon jemaah haji asal Kota Pekanbaru. Jadwal pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2024 akhirnya diperpanjang.

Jadwal pelunasan Bipih jamaah haji mengalami perpanjangan. Pelunasan tahap satu berlangsung hingga 23 Februari 2024, yang awalnya berlangsung hingga 12 Februari 2024.

Sementara itu, untuk pelunasan tahap kedua yang awalnya 5 Maret hingga 26 Maret 2024 diperpanjang menjadi 13 Maret hingga 26 Maret 2024.

Meski ada perpanjangan jadwal pelunasan Bipih, mayoritas jamaah haji asal Kota Pekanbaru yang hendak ke tanah suci tahun 2024 ini sudah melunasi Bipih.

Mereka yang sudah melunasi Bipih hingga saat ini mencapai 837 orang dari total jumlah jemaah haji asal Kota Bertuah yang rencananya menunaikan ibadah haji ke Mekah, Arab Saudi tahun ini mencapai 1.123 orang.


Kebanyakan dari jamaah merupakan porsi masuk dan lansia sebanyak 1.024 orang. Ada juga jemaah mutasi masuk sebanyak 55 orang dan mutasi keluar sebanyak 23 orang.

Jumlah jemaah keberangkatan Pekanbaru juga termasuk kuota tambahan sebanyak 67 orang. 

"Dari data yang kita himpun, mayoritas jamaah haji sudah melunasi Bipih tahun ini," jelas Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Pekanbaru, Haryati.

Ia menyampaikan, jamaah cadangan juga ada yang sudah melunasi Bipih hingga saat ini. Para jamaah haji cadangan yang sudah melunasi Bipih mencapai 193 orang.

Ia menyebut bahwa jamaah cadangan ini nantinya bisa berangkat ke tanah suci dengan mengisi kuota yang kosong. Apalagi saat ini masih dalam tahapan menunggu berakhirnya waktu pelunasan dan pengisian kuota untuk Pekanbaru.

"Masih bersifat sementara (jumlahnya) karena menunggu berakhir pelunasan dan pengisian kuota untuk Pekanbaru," tandasnya