20 Santri jadi Pemilih Pemula di TPS 13 Pematang Kapau Pekanbaru

Ilustrasi-pemilih-pemilu.jpg
(Foto: Dok Aston Pontianak via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puncak pesta demokrasi dimulai hari ini, Rabu, 14 Februari 2024. Sejak pukul 07.30 WIB masyarakat di Kota Pekanbaru berbondong-bondong menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak suaranya.

Seperti di TPS 13 Komplek Griya Bunda, Jalan Keliling atau Gunung Gayo, Kelurahan Pematang Kapau, Kecamatan Kulim. Panitia pemungutan suara yang telah berada di TPS siap menyambut warga yang datang menunaikan sebagai warga negara Indonesia.

Pencoblosan di TPS 13 diawali dengan pembacaan doa, disusul pemeriksaan surat suara, surat-surat saksi, serta pengecekan kertas suara suara, dan logistik pemungutan suara lainnya.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Hendri, mengatakan sebanyak 20 orang santri dari pondok pesantren jadi pemilih pemula di TPS 13.


"Kita kedatangan 20 pemilih pemula dari 80 santri Pondok Pesantren Al Munawwarah," sebut Ketua KPPS TPS 13, Hendri.

Satu dari sejumlah santri sekaligus pemilih pemula yang mencoblos di TPS 13, Muhandhiaz Riffy (20), mengaku sangat antusias untuk memberikan hak suaranya.

"Saya sangat antusias (memilih pertama kali). Maka saya datang lebih lagi dan memilih jadi pemilih kedua setelah ibu," ungkap Muhandhiaz Riffy kepada RIAU ONLINE, Rabu, 14 Februari 2024.

Selain itu, sebanyak 296 pemilih mencoblos di TPS 13. Hingga saat ini, proses pemungutan suara masih berlangsung. Warga mulai memadati TPS 13.