Bandara SSK II Pekanbaru Tetap Beroperasi saat Pemilu 2024

Bandara-SSK-II-1.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru menyatakan kesiapannya menyukseskan pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024. 

Executive General Manager PT Angkasa Pura II KC Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Radityo Ari Purwoko mengatakan bandara SSK II tetap beroperasi demi melayani para pengguna jasa yang membutuhkan transportasi udara untuk melaksanakan pemilu di daerahnya masing-masing. 

"Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pun siap menyukseskan Pemilihan Umum 2024 dengan tetap  beroperasi pada saat pemilu," ujarnya, Selasa 13 Februari 2024. 

Radityo menjelaskan, pada hari pelaksanaan, seluruh petugas bandara juga diberikan kesempatan untuk melaksanakan kewajibannya di tempat pemungutan suara (TPS) sesuai domisilinya.

"Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru tetap beroperasi saat pemilu serentak nanti dan untuk petugas operasional bandara yang bertugas pada hari tersebut diberi kesempatan untuk memilih di TPS sesuai domisilinya karena bandara tidak menyediakan TPS khusus," tukasnya. 


Radityo menyebut, untuk menyukseskan pemilu nanti, pihaknya akan berkolaborasi dengan TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin untuk memastikan wilayah bandara tetap aman terkendali karena sebelumnya telah disimulasi dalam Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat Keamanan Bandara atau Airport Security Exercise (ASE).

"Simulasi keadaan darurat telah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 6 Februari 2024 dengan tema pengendalian massa yang mengganggu keamanan bandara," tandasnya. 

Saat latihan tersebut juga diuji tingkat keamanan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru disimulasikan mencapai level merah, sesuai dokumen Airport Security Program (ASP) bahwa level keamanan bandara terdiri dari tiga level yakni level hijau, kuning, dan merah. 

Sedangkan pada level hijau dan kuning, maka komando pengamanan berada pada Kepala Bandara dalam hal ini Executive General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II dan saat level keamanan merah komando penanggulangan keamanan berada pada Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Kami berharap pemilu serentak di Pekanbaru tanggal 14 Februari nanti dapat berjalan dengan aman dan lancar, bandara tetap beroperasi dengan baik, dan tidak ada gangguan keamanan di area bandara," pungkasnya.