84 Titik TPS di Pekanbaru Rawan Banjir, Bakal Dicarikan Lokasi Alternatif

TPS-kebanjiran2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Pekanbaru berada di kawasan rawan banjir. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mendata, untuk sementara tercatat ada 84 titik TPS yang masuk daerah dengan kategori rawan banjir di Kota Pekanbaru.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, TPS yang berada di kawasan banjir bakal jadi perhatian bersama. Ia mengklaim kondisi dalam tahapan Pemilu 2024 di Kota Pekanbaru masih terkendali.

"TPS di kawasan banjir bakal jadi perhatian kita bersama, nantinya tim di lapangan bakal berkoordinasi dengan camat," ujar Indra, Senin 5 Februari 2024.

Menurutnya, untuk mengantisipasi TPS yang berada di lokasi banjir, akan dicari TPS alternatif. Tim akan melakukan pemetaan kembali terhadap TPS rawan banjir bersama dengan TPS alternatif ketika terendam banjir jelang Pemilu.


"Kita sepakat nantinya akan kita tinjau di lapangan, agar mencari lokasi (TPS) alternatif," paparnya.

Dirinya juga memastikan bahwa Pemko Pekanbaru terus bersinergi dengan Polresta dan Kodim. Mereka juga bersinergi dengan KPU Pekanbaru dan Bawaslu agar bisa menyukseskan Pemilu 2024 ini.

Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru hingga kini masih menjadi kawasan rawan banjir. Dari total 84 titik TPS yang masuk daerah dengan kategori rawan banjir, sebanyak 61 titik TPS berada di Kecamatan Rumbai.

Indra mengatakan, sebelum rapat sudah meminta Camat Rumbai untuk mencari titik TPS alternatif di lokasi rawan banjir. Jajaran Forkopimda bakal meninjau lokasi TPS rawan banjir pada H-1 atau H-2 sebelum pemilu.

Mereka ingin tahu posisi TPS rawan banjir itu sehingga nantinya harus ada lokasi alternatif bagi TPS. Lokasinya dipastikan dekat dengan pemukiman agar masyarakat tidak terlalu jauh mengakses TPS.