TPS Rawan Banjir Banyak di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru

TPS-kebanjiran2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru hingga kini masih menjadi kawasan rawan banjir. Lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kawasan rawan banjir pun menjadi perhatian jelang Pemilu 2024.

Total ada 84 titik TPS yang masuk daerah dengan kategori rawan banjir di Kota Pekanbaru. Sebanyak 61 titik TPS berada di Kecamatan Rumbai.

"Tadi buk camat menyampaikan, beliau sudah melakukan antisipasi, dari 84 titik rawan banjir, 61 itu di Kecamatan Rumbai," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Rabu 31 Januari 2024.

Indra mengatakan, sebelum rapat sudah meminta Camat Rumbai untuk mencari titik TPS alternatif di lokasi rawan banjir. Lokasi alternatif ini nantinya bisa digunakan sehingga proses pemungutan suara tidak terganggu.


Lanjutnya, jajaran Forkopimda bakal meninjau lokasi TPS rawan banjir sebelum pemungutan suara. Pihaknya berencana meninjau lokasi pada H-1 atau H-2 sebelum pemilu.

"Kita sepakat apa yang dikatakan pak kapolres tadi, mungkin sebelum H-1, H-2, kita tinjau pak," paparnya.

Mereka ingin tahu posisi TPS rawan banjir itu sehingga nantinya harus ada lokasi alternatif bagi TPS. Lokasinya dipastikan dekat dengan pemukiman agar masyarakat tidak terlalu jauh mengakses TPS.

Indra juga memastikan pemerintah kota sudah membentuk Satlinmas untuk membantu pengamanan di TPS dalam Pemilu. Jumlahnya sekitar 5.200 personel membantu pengamanan dari TNI dan Polri.