Waspada Banjir, Hujan Bakal Guyur Riau Lagi Hari Ini

Ilustrasi-hujan6.jpg
(Istimewa via Suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau, Rabu 24 Januari 2024.

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Sanya Gautami.

Ia menjelaskan pagi hari hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Pelalawan, dan juga Kepulauan Meranti.

Disusul siang hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.


Lalu sore hingga malam hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau.

"Sedangkan, dini hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Bengkalis, Siak, dan Kota Dumai," ucapnya.

Lanjut Sanya, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, dan Kota Dumai pada sore atau malam hari," sebutnya.

Sementara, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Daya – Barat Laut dengan kecepatan 10–30  km per jam.

Tinggi gelombang laut di perairan Riau diprakirakan berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah).