Sekolah di Rohul Masih Terendam Banjir, Ada Rencana Belajar Online Lagi?

Banjir-di-Jalintim-pangkalan-kerinci.jpg
(Tangkapan layar Galeri Polres Pelalawan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para siswa SMA yang bersekolah di Kecamatan Bonai, Rokan Hulu, tidak bisa mengikuti aktivitas belajar di hari pertama, Senin 8 Januari 2024. Kondisi ini lantaran sekolah mereka masih terendam banjir.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, Tengku Fauzan Tambusai, Dinas Pendidikan (Disdik) Riau akan mencari solusi apakah akan melakukan pembelajaran secara online atau dengan cara lainnya.

"Mungkin nanti akan belajar sementara secara online atau cara lainnya. Terpenting, jangan sampai proses pembelajaran sampai tertunda atau ada permasalahan. Saya juga akan laporkan kepada Bapak Gubernur Riau," ujarnya kepada RIAU ONLINE, Senin 8 Januari 2024.

Tengku Fauzan menyadari, sekolah-sekolah terdampak banjir sejak musim hujan beberapa bulan terakhir hingga kini. 

"Sejak hujan tak henti, sekolah-sekolah tersebut terdampak banjir, tapi saya harap kemarin sudah bisa surut, tapi ternyata belum," ucapnya.


Dirinya sudah mendapatkan informasi terkait sekolah terdampak banjir. Saat ini pihaknya tengah mendata keseluruhan sekolah-sekolah yang terdampak banjir. 

"Saya sudah berkomunikasi dengan seluruh kepala cabang yang ada di wilayah Provinsi Riau untuk mendata keseluruhan sekolah-sekolah yang terdampak banjir. Saya ada baru mendapat beberapa informasi seperti di daerah Rokan Hulu, di Kecamatan Bonai," ujarnya.

Pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap sekolah terdampak banjir. Namun hingga kini air belum kunjung surut, sehingga mereka belum bisa melakukan pembelajaran di hari pertama ini.

"Memang semalam saya mendapat informasi masih ada kendala, maka kita coba maping keseluruhan, baru kemudian kita akan carikan solusi terbaik," ulasnya.

Hujan lebat sejak dua bulan terakhir masih terjadi di sejumlah wilayah Riau hingga awal tahun 2024. Hujan deras berpotensi menyebabkan banjir terutama di wilayah-wilayah yang menjadi langganan banjir.