Disindir Anies dan Jokowi Punya Ratusan Ribu Hektare, Prabowo: Itukan HGU

Prabowo-di-Pekanbaru8.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 02 Prabowo Subianto menyinggung topik panas, terkait kepemilikan lahan ratusan ribu hektar yang disampaikan Anies Baswedan pada Debat Capres, 7 Januari 2024 lalu. Menurutnya, pernyataan yang disampaikan oleh Capres 01 tersebut tidak pantas untuk menjadi bahan debat Capres 2024.

"Ada pula yang menyinggung-nyinggung bahwa punya tanah berapa, punya tanah ini. Dia itu pintar atau goblok sih?" ujarnya saat berpidato dalam kunjungan kampanye di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR), Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Selasa, 9 Januari 2024.

Menurutnya, lahan ratusan ribu hektar tersebut berstatus Hak Guna Lahan (HGU). Lahan itu justru diselamatkan agar tidak dikuasai oleh asing.


"Itu adalah HGU (Hak Guna Usaha), itu tanah negara, tanah bangsa. Daripada dikuasai oleh asing, lebih baik saya yang mengelola. Manakala pemerintah memerlukan saya, saya siap menyerahkan. Tidak usah dibawa-bawa ke debatlah," ujarnya.

Sebelumnya, kepemilikan lahan oleh Prabowo Subianto sempat menjadi topik panas dalam debat capres 2024 pada Minggu 7 Januari 2024. Anies Baswedan menuding Prabowo memiliki tanah seluas 340 ribu hektare.

"Di saat tentara kita lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas. Sementara menterinya punya lebih dari 340 hektare tanah di republik ini," kutipan Anies Baswedan dalam debat Capres tersebut.