Kapolres Dumai: Sukseskan Pemilu Damai 2024 dan Bijak Gunakan Hak Pilih

Kapolres-Dumai-usai-salat-subuh-jamaah.jpg
(Dok. Polres Dumai)

RIAU ONLINE, DUMAI - Polres Dumai dan Polsek jajaran terus menyosialisasikan pemilu damai kepada masyarakat lewat sosialisasi dan diskusi.

Kali ini, Kapolres Dumai, AKBP Dhovan Oktaviaton dan jajaran  melakukan Safari Subuh di Masjid Raya Assalam, Jalan Daeng Tuagek, Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Jumat, 5 Januari 2024.

Usai melaksanakan salat subuh berjamaah, AKBP Dhovan, melanjutkan kegiatan dengan pelaksanaan Subuh Edukasi dan Jumat Curhat dalam rangka cooling system. 

Melalui semangat Polri presisi dan tulus ikhlas mengabdi dalam menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

"Kita mengajak masyarakat untuk turut serta menyukseskan Pemilu Damai 2024 tanpa isu negatif, berita bohong (hoaks), ujaran kebencian dan isu SARA serta menggunakan hak pilih untuk kemajuan Indonesia," ujar AKBP Dhovan.

Subuh Edukasi merupakan pengembangan dari Jumat Curhat yang akan dilaksanakan secara rutin oleh Polres Dumai dan Polsek Jajaran Polres Dumai sebagai upaya untuk mempererat silaturahmi.

Selain itu, ini merupakan implementasi Polri hadir ditengah masyarakat serta menampung keluh kesah masyarakat untuk mengetahui situasi dan merespon persoalan-persoalan yang ada di tengah masyarakat Kota Dumai. 


Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman serta edukasi kepada masyarakat Kota Dumai guna mencegah terjadinya misinformasi dan disinformasi dalam Pemilu 2024.

“Edukasi makna Pemilu Damai 2024 sangat diperlukan agar seluruh masyarakat mendapatkan pemahaman yang benar di tengah banjir arus informasi di media sosial dan platform digital lainnya," katanya.

"Ini merupakan salah satu upaya Polri dalam melindungi masyarakat agar tidak salah langkah dan tidak terjebak oleh informasi sesat yang mengandung isu negatif, berita bohong atau fitnah, ujaran kebencian, isu SARA, kampanye hitam hingga kampanye negatif lainnya yang dapat mengorbankan persatuan dan kesatuan," terang  AKBP Dhovan.

Melalui program Subuh Edukasi dan Jumat Curhat, lanjut Kapolres Dumai, diharapkan mampu menciptakan dan menjaga situasi Kamtibmas di Kota Dumai. 

Selain memberikan edukasi, pihaknya juga hadir untuk berdiskusi dan mendengarkan berbagai permasalahan hingga keluhan untuk mengetahui situasi dan isu-isu yang berkembang ditengah masyarakat.

Kapolres Dumai juga memperkenalkan program inovasi miliknya yakni menyediakan layanan aduan yang langsung terhubung melalui WhatsApp Kapolres Dumai.

“Silakan hubungi ataupun sampaikan pengaduannya secara langsung melalui WhatsApp pengaduan dengan nomor 0821-9819-8154," ujarnya

"Seluruh masyarakat dapat menyampaikan keluhan terkait apapun, mulai dari gangguan Kamtibmas hingga yang membutuhkan bantuan ataupun penanganan segera," imbaunya.

Tak hanya itu, masyarakat juga dapat menginstal Aplikasi 'Polri Super App' di Play Store ataupun App Store dan menghubungi Layanan Call Center Polri Polres Dumai (0765) 110 yang selalu tersedia selama 24 jam dan dapat diakses secara gratis.

"Kita juga memberikan santunan zakat profesi berupa paket sembako kepada 10 orang perwakilan masyarakat di wilayah hukum Polsek Dumai Barat," pungkasnya.