Jadi Tuan Rumah, Riau Targetkan 44 Medali Emas di Porwil Sumatera XI 2023

Porwil-XI-Sumatera.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau menargetkan gelar juara umum akan kembali diraih oleh Kontingen Riau pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera 2023.

Ketua KONI Provinsi Riau, Iskandar Hoesin, menargetkan perolehan 44 medali emas dari 10 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada agenda bergengsi tersebut.

"Persiapan Kontingen Riau saat ini telah mencapai 100 persen untuk menghadapi Porwil XI Sumatera pada 4-14 November 2023 mendatang," ujarnya, Kamis, 2 November 2023.

Selain emas, KONI Provinsi Riau juga menargetkan perolehan 6 perak dan 3 perunggu. Adapun Cabor yang dipertandingkan adalah sepakbola, voli Indoor, sepak takraw, e-sports, renang, atletik, bola tangan, catur, dan wushu.


"Karena di Porwil nanti ada 144 emas yang bisa diperebutkan. Jadi kalau kita mendapatkan 44 emas dengan mengikuti 10 Cabor, maka kita sudah meraih juara umum," jelasnya.

Untuk mendapatkan target tersebut, KONI Riau mengandalkan cabor andalan seperti atletik yang diharapkan mendapatkan 8 emas, catur 10 emas, renang 11 emas, barongsai 4 emas, sepak takraw 4 emas, wushu 5 emas, dan e-sports 2 emas," jelasnya.

Adapun yang menjadi saingan berat Riau dalam memperebutkan medali l, di antaranya Provinsi Sumbar, Sumatera Selatan (Sumsel) dan  Lampung.