Masuk Musim Hujan, Waspadai Cuaca Ekstrem di Kota Pekanbaru

Ilustrasi-Cuaca-Ekstrem2.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Pekanbaru sudah memasuki musim hujan.

Masyarakat pun diimbau agar mewaspadai kondisi cuaca ekstrem di Kota Pekanbaru. Meski curah hujan masih fluktuatif, potensi angin kencang sudah terlihat pada akhir pekan kemarin.

"Kami imbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman cuaca ekstrem, sekarang sudah memasuki musim penghujan," imbau Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Selasa 24 Oktober 2023.

Ia menyampaikan, hujan deras dan angin kencang pada akhir pekan kemarin sempat menyebabkan dua pohon tumbang. Kedua pohon tersebut tumbang di Jalan Jenderal Sudirman.


Satu pohon tumbang di depan Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru dan satu pohon lagi tumbang di dekat Pasar Buah Pekanbaru.

Pihaknya pun melakukan koordinasi dengan dengan dinas terkait. Ia menyebut Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru memangkas pohon yang sudah tua.

"Mereka bisa potong cabang atau rantingnya, sehingga perlu dirapikan agar tidak patah sewaktu terjadi angin kencang," ujarnya. 

Pihaknya juga menghimbau masyarakat Pekanbaru yang bermukim di daerah rawan banjir untuk tetap melakukan kesiapsiagaan dengan mengamankan barang berharga ke tempat yang lebih aman.