Menjamur di Pekanbaru, Begini Cerita di Balik Nasi Ampera

Nasi-AMpera.jpg
(Abimasarmansyah/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru punya berbagai jenis kuliner tradisional dari berbagai daerah, termasuk dari provinsi tetangga, Sumatera Barat.

Bukan Nasi Padang, rumah makan Nasi Ampera justru menjamur di Kota Bertuah. Tidak seperti Nasi Padang, Nasi Ampera harganya lebih murah.

Tapi tahukah kamu? Ampera yang melekat pada nasi dari rumah makan masakan Padang ini merupakan singkatan dari Nasi Amanat Penderitaan Rakyat.

Meski menggunakan nama Ampera, bukan berarti makanan ini berasal dari Sumatera Selatan yang terkenal dengan Jembatan Amperanya.


Nasi Ampera pertama kali ada di zaman kolonial Belanda. Kala itu, Nasi Padang hanya dinikmati oleh kalangan saudagar kaya dan kompeni Belanda. 

Agar rakyat biasa dapat merasakan nikmatnya nasi Padang, pemilik rumah makan mengakalinya dengan membungkus nasi lengkap dengan sayur dan lauk khas Padang.

Di Pekanbaru saja, hampir di setiap sudut kota bisa ditemukan Nasi Ampera.  Selain harganya yang lebih murah, rasanya juga tidak beda jauh dari Nasi Padang. Biasanya harga Nasi Ampera di Pekanbaru berkisar dari Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu.

Artikel ini ditulis A.Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE