Heboh Beras SPHP Diduga Beras Plastik, Bulog: Hoaks

Beras-sphp-di-pedagang.jpg
(Anisa/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Publik dihebohkan dengan kabar beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang diedarkan oleh Bulog diduga beras plastik. Kabar ini viral setelah sebuah diunggah oleh akun TikTok @dika1505 dan @yanyanandriani03. 

Sementara saat ini, beras SPHP tengah mengalami peningkatan pembelian dikarenakan harga beras biasa sedang naik. 

Humas Perum Bulog Wilayah Riau-Kepri, Deli Bayu Putra, mengatakan kabar beras SPHP merupakan beras plastik itu memang sempat menghebohkan publik, terutama di Sumatera Selatan. Namun, ia memastikan kabar itu hanya hoaks atau berita bohong.

"Pelaku atau penyebar sudah diamankan pihak kepolisian. Jadi sebenarnya tidak ada lagi klarifikasi, mudah-mudahan kedepannya tidak menimbulkan kericuhan lagi," ujarnya saat diwawancarai RIAUONLINE.CO.ID, Jumat 22 September 2023. 


Ia berharap masyarakat tidak gampang terprovokasi. Sebab saat ini pihak Bulog tengah berupaya menstabilkan harga beras. 

"Karena kita semua sedang berusaha menstabilkan harga beras, jadi dengan adanya berita hoaks ini akan menjadi kendala," tugasnya. 

Sementara, pedagang beras di Pasar Rumbai, It (53), mengatakan video viral mengenai beras SPHP merupakan beras plastik itu tidak mempengaruhi penjualannya. 

"Sejauh ini tidak ada keluhan dari masyarakat, terkait video tersebut bisa jadi adanya persaingan dagangan. Saya berharap ke depannya harga beras turun dan stabil lagi," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Anisa, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE