Rayakan HUT ke-78 TNI, Kapolda Riau: TNI-Polri Solid Bergandengan Tangan

Kapolda-Riau-dan-Gubernur-di-hut-tni.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, menghadiri perayaan HUT ke-78 TNI di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Kamis, 5 Oktober 2023.

HUT ke-78 TNI tahun ini mengusung tema "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju" yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh bangsa lainnya.

Pada kesempatan itu, Irjen Iqbal menyebut bahwa TNI-Polri akan kuat jika bergandengan tangan dan solid dengan dinamika saat ini. 

"Ketika TNI kuat, negara kuat. Apalagi dinamika pada bangsa saat ini. Sepanjang TNI-Polri solid bergandengan tangan, Insya Allah kita dapat mengelola dan meminimalisir segala bentuk keresahan yang ada," ujar Irjen Iqbal. 

"TNI ini adalah patriot NKRI, juga pengawal demokrasi untuk Indonesia maju, selamat HUT ke-78 TNI," ucapnya.

Di tempat yang sama, Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI Dany Rakca mengaku bangga TNI hadir menjalankan amanah sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI.


Brigjen Danny menyebutkan satu dari sejumlah tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024.

"Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan,” katanya.

"Menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipasi terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan pemilu 2024 berlangsung dengan Aman damai dan sejuk," harapnya. 

Di akhir sambutannya, Danrem 031 Wira Bima mengatakan, setiap pelaksanaan tugas Sapta Marga, sumpah prajurit wajib TNI, yaitu melaksanakan komitmen netralitas TNI dan  mengikuti perintah yang telah diberikan.

"Demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman damai dan sejuk bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak," tegasnya.

"Pada momen HUT ke-78 TNI, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan teknik yang profesional modern dan tangguh dimasa depan," tutupnya. 

Pada kegiatan ini, seluruh Forkopimda, Gubernur Riau, DPRD, Danrem, Danlanal, Danlanud menghadiri upacara HUT TNI ke-78 ini.