Gegap Gempita HUT Ke-78 TNI dengan Balutan Kabut Asap Karhutla

HUT-TNI-di-Gubernuran-Riau.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gegap gempita Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di Kota Pekanbaru dirayakan dengan balutan kabut asap, Kamis, 5 Oktober 2023. Titik panas (hotspot) bahkan masih terdeteksi di Bumi Lancang Kuning.

Pantauan RIAU ONLINE, para petinggi yang hadir tak tampak mengenakan masker. Padahal, kualitas udara di Kota Pekanbaru sudah tidak sehat.

Badan Klimatologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat 18 titik panas tersebar di 6 wilayah di Riau, dengan sebaran terbanyak di Kabupaten Rokan Hulu, yakni 8 titik. 

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga masih saja terjadi, memperkeruh kualitas udara di Kota Pekanbaru yang sudah tidak sehat. Terbaru, sekitar 5 hektare lahan gambut di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, dilalap api. 

Meski begitu, perayaan HUT ke-78 TNI berjalan khidmat di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru. 


Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal turut yang turut hadir mengatakan TNI-Polri akan kuat jika bergandengan tangan dan solid dengan dinamika saat ini. 

"Ketika TNI kuat, negara kuat. Apalagi dinamika pada bangsa saat ini. Sepanjang TNI-Polri solid bergandengan tangan, InsyaAllah kita dapat mengelola dan meminimalisir segala bentuk keresahan yang ada," ujar Irjen Iqbal. 

"TNI ini adalah Patriot NKRI, juga pengawal demokrasi untuk Indonesia maju, selamat HUT ke-78 TNI," tutupnya. 

HUT ke-78 TNI kali ini mengusung tema "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju" yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh bangsa lainnya.