Masyarakat Tetap Padati Stadion Utama Riau Meski Diselimuti Kabut Asap

Kabut-asap-di-stadion-utama-riau.jpg
(LUKMAN/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah warga Kota Pekanbaru tetap memadati Stadion Utama Riau untuk berolahraga di akhir pekan, Minggu, 1 Oktober 2023. Padahal, kualitas udara di Kota Bertuah sedang tidak sehat.

Sejumlah warga tampak berlari di sekitar stadion dan beberapa lainnya bahkan mengikuti senam bersama. Sebagian dari mereka ada yang mengenakan masker, tetapi masih ada yang enggan.

Mereka memilih tetap berolahraga meski kabut kabut asap menyelimuti Pekanbaru dengan alasan menjaga kesehatan.

Riau (28) seorang warga yang berolahraga menjelaskan dirinya sengaja memilih tidak menggunakan masker karena sulit bernafas.

"Karena olah raga sambil menggunakan masker, malah susah bernapas,” Sebut warga tempatan, Rian (28), Minggu, 1 Oktober 2023.

Sementara itu, Rizal (23) tak menampik bahwa udara pagi di Kota Pekanbaru tidak sehat. Namun, ia menyebut lari pagi sudah menjadi kebiasaan setiap akhir pekan.


"Ya mau bagaimana lagi, sudah jadi kebiasaan, walau asap pekat kita tetap olahraga saja, dimana-mana juga banyak asap," singkat rizal.

Saat ini kualitas udara di Pekanbaru memang dalam kondisi buruk. Hal ini terpantau dalam Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di angka 153 PM2,5 atau menunjukkan tidak sehat.

Kualitas udara masuk kategori sangat tidak sehat yakni di angka 201-300 sebab dapat meningkatkan risiko kesehatan pada sejumlah segmen populasi yang terpapar.

Sayangnya, masyarakat tidak bisa mengetahui informasi kadar polusi di kota lantaran mesin Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) tidak lagi berfungsi.

Mesin ISPU rusak terlihat di depan komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman. Ada juga di Jalan Tuanku Tambusai dekat pos polisi Simpang SKA, serta di Jalan HR Soebrantas.

Artikel ini ditulis Lukman Al Hakim, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE