Gedung MPP Pekanbaru Bekas Kebakaran Dibongkar, Bakal Jadi Alun-alun Kota?

MPP-Pekanbaru-dibongkar2.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Akses menuju gedung utama Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru ditutup secara menyeluruh, Selasa 26 September 2023. Penutupan seiring proses pembongkaran puing gedung bekas kebakaran.

Proses pembongkaran akhirnya dilakukan setelah ada pihak ketiga yang menyanggupi untuk membongkar gedung tersebut. Proses lelang dilakukan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru.

Meski begitu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum memastikan rencana pembangunan kembali di lokasi bekas gedung utama MPP Pekanbaru yang terbakar. Saat ini mereka fokus membersihkan puing-puing sisa kebakaran.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, menyebut bahwa kebijakan sementara dari Pemko Pekanbaru yakni meratakan bagian gedung yang terbakar. Pihaknya akan melakukan kajian rencana pembangunan bekas gedung yang terbakar.

"Kita coba lakukan kajian juga nanti, lalu buat konsultasi publik juga terkait rencana pembangunan gedung ini," sebutnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, ada dua opsi tentang nasib selanjutnya gedung lama pemerintah kota ini. Bangunan itu bisa saja dirubuhkan lantas menjadi alun-alun kota atau dibangun kembali.


"Nanti kita lihat, kalau hari ini kita butuh uang banyak membangun kembali gedung tersebut," katanya.

Saat ini dari tiga gedung layanan di Komplek MPP Pekanbaru hanya dua yang berfungsi. Satu gedung Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pekanbaru. 

Gedung lainnya yakni Gedung C MPP untuk layanan perizinan dan non perizinan. Ia menilai kedua gedung ini bisa menampung layanan publik yang ada.

Salah satu pengunjung MPP Pekanbaru, Ida, mengaku turut senang dengan kejelasan gedung lama yang akhirnya dibongkar.

"Sebagai pengunjung di sini yang sering bolak balik urus berkas, saya merasa senang, akhirnya gedung ini ketemu titik terangnya," ungkapnya.

Ida berharap gedung ini cepat selesai dan aktivitas pelayanan bisa kembali seperti semula.  

"Semoga cepat selesai lah bangunan ini dan bisa normal kembali," harapnya.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE