6 Konsep Jadikan Kota Pekanbaru sebagai Smart City

Seminar-yayasan-rumah-kita.jpg
(Dok. Ombudsman)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Yayasan Pekanbaru Rumah Kita mengadakan seminar nasional bertajuk 'Literasi Pelayanan Publik dalam Penataan Infrastruktur Telekomunikasi Menuju Smart City'. Kegiatan ini digelar di Aula Bapenda Riau di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Senin 25 September 2023.

Anggota Ombudsman RI, Hery Susanto mengatakan ada 6 konsep yang harus dimiliki Smart City. Pertama, kota yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mengintegrasikan seluruh infrastruktur dan pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat.

Kedua, mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan meningkatkan layanan. Ketiga, mendorong peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam mengelola kota sehingga terjadi interaksi yang lebih dinamis dan erat antara warga masyarakat dengan penyedia layanan.

Keempat, smart city memberikan jaminan untuk semakin banyak kota di seluruh dunia memiliki pengelolaan yang cerdas dengan mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan kota.

Kelima, mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembangunan. Terakhir, smart city membuat layanan pemerintah dapat lebih cepat serta berdampak kepada masyarakat.


"Pemerintah telah menetapkan wacana gerakan menuju 100 smart city untuk mewujudkan mimpi bangsa menjadi digital nation," tuturnya.

Lanjut Hery Susanto, penyusunan masterplan dan quickwin kota pintar untuk 100 kabupaten dan kota sudah dilaksanakan dalam rentang waktu tiga tahun, atau terhitung sejak tahun 2017 hingga 2019. Objek dari program smart city di Indonesia adalah masyarakat, pemerintah dan infrastruktur.

"Implementasi smart city di Indonesia mengalami berbagai kendala, mulai dari infrastruktur penunjang yang belum memadai, kesiapan pemerintah setempat, hingga masyarakat yang belum mampu memanfaatkan teknologi secara maksimal," terangnya.

Sedang untuk indikator smart city juga ada beberapa hal seperti smart living and environment, smart transportation, smart economy dan smart government and people.

"Salah satu unsur terpenting dalam pengembangan smart city adalah smart government. Muara dari konsep smart city ada peningkatan kualitas pelayanan publik," pungkasnya.