Target Rampung Jelang Akhir Tahun, Proses Revitalisasi Pasar Palapa Kini 60 Persen

Revitalisasi-pasar-palapa.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Revitalisasi Pasar Palapa, Kota Pekanbaru ditargetkan rampung jelang akhir 2023. Saat ini sudah memasuki proses pemasangan kerangka kolom.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menargetkan pekan ini bisa mencapai proses 60 persen. 

"Harapan kita, pekan ini sudah 60 persen. Proses revitalisasi sedang digesa. Pekan ini memasuki proses pengecoran," ujarnya, Senin 11 September 2023.

Ia menyampaikan, pengerjaan revitalisasi Pasar Palapa sudah mencapai 50 persen lebih. Apalagi prosesnya sudah berlangsung sejak akhir Juli 2023 lalu


Pembangunannya ditandai dengan pemasangan pancang pondasi dalam groundbreaking di lokasi revitalisasi. Ia berharap proses pembangunan pasar tersebut bisa tuntas sehingga dapat berfungsi kembali.

Mantan Camat Rumbai ini menyampaikan bahwa revitalisasi berlangsung di bagian belakang Pasar Palapa. Bangunan pasar itu memiliki desain modern agar nyaman bagi pedagang dan pengunjung.

Bangunan pasar itu memiliki rangka baja dengan konsep hall atau aula. Pasar itu nantinya berfungsi sebagai pasar basah untuk pedagang sayur, ikan dan daging yang dapat menampung sebanyak 80 pedagang.

Anggaran untuk revitalisasi Pasar Palapa ini sebesar Rp 3 miliar yang bersumber dari Kementerian Perdagangan RI. Bangunan  pasar dalam revitalisasi ini berbentuk hall dengan ukuran 25x30 meter.