Menpan RB Mampir ke MPP Kota Pekanbaru, Begini Katanya

Menpan-RB-di-MPP-Pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, melakukan kunjungan kerja ke Disdukcapil dan Mal Pelayanan Publik (MPP), Kamis, 7 September 2023.

Dirinya menilai keberadaan gedung tidak harus besar. Namun menurutnya, yang penting layanannya dapat diakses masyarakat. 

"MPP nggak harus besar, yang penting layanannya. Saya lihat ini layanannya bagus, saya melihat masyarakatnya juga antusias," katanya usai meninjau layanan di MPP Pekanbaru.

Dirinya berharap layanan MPP bisa meningkat ke MPP digital. Satu layanan digital yakni di Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dengan perekaman Identitas Kependudukan Digital (IKD).


Azwar pada kesempatan itu mendorong kabupaten dan kota di Riau bisa mengembangkan MPP digital. Masyarakat tidak repot lagi mengisi formulir lagi ketika hendak mengakses layanan.

"Ini adalah satu model bagaimana mengintegrasikan layanan di satu rumah yang diberi namanya MPP, kita didorong oleh pak presiden agar membuat MPP digital," sebutnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun mengaku senang atas apresiasi dari Menpan RB terhadap MPP Pekanbaru. Ada harapan gerai pelayanan perizinan di Pemerintah Provinsi Riau juga dibuka di MPP Pekanbaru.

"Jadi seluruh pelayanan publik nantinya tersedia di MPP ini," kata Muflihun.