11 Suku Kampung Pujud Rohil Sematkan Gelar Datuk Seri Alamsyah ke Gubernur Riau

Gubernur-Syamsuar-dpat-gelar-di-rohil.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 11 suku Kampung Pujud, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), melakukan penyematan gelar terhadap Gubernur Riau, Syamsuar, pada Selasa, 22 Agustus 2023. Syamsuar mendapat gelar Datuk Seri Alamsyah.

Prosesi penabalan berlangsung hikmat. Silat pun mengawali proses penabalan. Untuk menuju panggung, Syamsuar berjalan kaki sejauh 50 meter dengan diiringi salawat nabi. Ia pun melewati ratusan siswa di sana.

Penabalan gelar ini disaksikan Datuk Seri Maha Rajo Saleh Djasit, Ketua MKA LAMR Datuk Seri Marjohan Yusuf, Ketua DPH LAMR Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, Ketua DPA LAMR Datuk Wan Abu Bakar, pengurus LAMR Rokan Hilir (Rohil), para tokoh agama dan masyarakat, serta sedikitnya 5.000 masyarakat setempat.

Dari hasil musyawarah 11 suku Kampung Pujud, ditetapkan Syamsuar menerima gelar sebagai Datuk Seri Alamsyah yang bisa digunakan selama hidupnya.

Saat pembacaan warkah penabalan adat Kampung Pujud kepada Syamsuar, disebutkan bahwa 11 suku adat Kampung Pujud dengan takzim memberi gelar adat ini setelah melalui rapat dan bisa dipertanggung jawabkan.


Setelah pembacaan hasil rapat 11 suku Kampung Pujud dan warkah, penabalan ini disetujui oleh masyarakat dan para tokoh.

"Iyokan Uyang Banyak," dengan tiga kali pemukulan gong setiap kata "Iyo" yang dijawab masyarakat yang hadir.

Penabalan ini semakin sah dengan pemasangan tanjak oleh Datuk Munau Kampung Pujud, selempang yang dilakukan Datuk Seri Maha Rajo Saleh Djasit, dan pemasangan keris yang dilakukan oleh Ketua Umum MKA LAMR Datuk Seri Marjohan Yusuf. 

Sebagai penutup prosesi penabalan, Datuk Setia Alamsyah diberikan ucapan selamat dalam bentuk tepuk tepung tawar.

Gubernur Syamsuar menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Gelar adat ini kata mantan Bupati Siak dua periode merupakan amanah yang berat. 

"Saya sangat berterima kasih atas amanah ini, Insyaallah saya akan mengemban amanah yang berat ini," ujar Syamsuar.