Menteri Bahlil Sebut di Bawah Kepemimpinan Gubernur Syamsuar, Investasi Riau Meningkat

Menteri-investasi-didampingi-gubri.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, mengapresiasi iklim investasi di Provinsi Riau. Apalagi Riau merupakan satu-satunya provinsi dari luar Jawa yang masuk peringkat lima besar lokasi investasi tertinggi sepanjang 2021. 

Hal tersebut diutarakan Bahlil saat menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UKM Perseorangan di Gedung Serba Guna Politeknik Caltex Riau, Kamis, 10 Agustus 2023.

Menurut Bahlil, di masa kepemimpinan Gubernur Riau, Syamsuar, ekonomi Provinsi Riau tumbuh positif. Salah satu bukti yang disebutnya yakni, pada masa pandemi Covid-19, di tengah gempuran krisis ekonomi, kesehatan, dan sosial, ekonomi, Riau justru tumbuh positif.

Pada triwulan 1 tahun 2022 terhadap triwulan I tahun 2021, ekonomi Riau mengalami pertumbuhan sebesar 4.72 persen (yoy). 

"Gubernur Syamsuar telah membawa Provinsi Riau keluar dari persoalan ekonomi," ujar Bahlil. 

Tidak hanya itu, Bahlil menyebutkan bahwa Provinsi Riau menempati peringkat lima nasional realisasi investasi tahun 2021, dan peringkat pertama di Pulau Sumatera. 


Bahkan, realisasi investasi Riau triwulan II tahun 2023 cukup tinggi. Realisasi investasi  kategori Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) Riau berhasil meraih peringkat dua nasional dengan nilai realisasi sebesar Rp18,3 Triliun. 

Dengan bagusnya iklim investasi di Riau, Bahlil mengharapkan setiap investor yang berinvestasi di daerah, harus melibatkan daerah setempat agar setiap investor yang masuk bisa menghargai daerah. 

"Setiap investasi yang masuk ke Riau harus berurusan dengan tempat mereka berinvestasi (daerah) dan juga dengan pemerintah, jadi dengan begitu investor menghargai daerah," jelasnya. 

Sementara Gubernur Syamsuar telah mengarahkan seluruh pemerintah daerah di Riau agar memberikan kemudahan dalam investasi. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Syamsuar menyebutkan, berkaitan suasana kondusif, Riau termasuk daerah yang aman dan kondusif.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk sama-sama menjaga suasana aman dan kondusif tersebut, sehingga orang yang ingin berinvestasi di Riau merasa aman dan nyaman. 

"Karena itulah mari kita pertahankan (suasana aman dan kondusif), karena mulai kami bertugas sejak 2019 lalu apapun yang ditugaskan ataupun yang ditargetkan pemerintah berkaitan investasi semuanya melewati target," pungkasnya.