Ade Hartati Dorong Kelanjutan Pembangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru

Bangunan-Pasar-Cik-Puan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau daerah pemilihan (Dapil) Kota Pekanbaru, Ade Hartati Rahmat, mendorong adanya wacana lanjutan pembangunan Pasar Cik Puan oleh Pemko Pekanbaru.

"Kami mendukung penuh, karena Pekanbaru ini kota perdagangan dan jasa tentu secara otomatis konsentrasi dan fokus tertuju pada perdagangan, salah satunya dengan pembangunan pasar-pasar pemerintah, terutama pasar induk," kata Ade, Selasa, 1 Agustus 2023.

Dikatakan Ade, saat ini Provinsi Riau sendiri tidak memiliki pasar induk untuk mengatur keseimbangan harga. Diharapkan nantinya dengan pembangunan Pasar Cik Puan dapat menjadi solusi akan hal ini.

"Kami di Riau tak punya pasar induk, sehingga harga itu ditentukan pasar, pemerintah jadi sulit mengendalikan harga. Harusnya kita punya pasar induk, biar pemerintah tahu distribusinya ke mana, konsumsinya ke mana, harga berapa," ujarnya.


Setuju dengan pengajuan bantuan yang dikirimkan Pemko Pekanbaru kepada Pemerintah Pusat, Ade Hartati menyebutkan hal ini tentu dapat mewujudkan cita-cita Pekanbaru sebagai Kota Perdagangan.

"Kalau memang Pj Walikota punya gagasan untuk bagaimana APBN dapat memperkuat Pekanbaru sebagai kota perdagangan dan jasa. Tapi kami berharap gagasan ini dapat dilaksanakan dengan baik, jangan hanya banyak gagasan tapi tak terlaksana," ujar Legislator Fraksi PAN itu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berupaya meminta bantuan pemerintah pusat untuk melanjutkan pembangunan Pasar Cik Puan. Kondisi fisik bangunan berlantai 3 di Jalan Tuanku Tambusai ini masih terbengkalai. 

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengatakan, pemerintah kota telah mengajukan proposal untuk pembangunan Pasar Cik Puan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.