Alhamdulillah, Ratusan Jemaah Haji Asal Pekanbaru Tiba di Kota Bertuah

Jamaah-haji-pekanbaru-tiba-di-EHA.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Suasana haru mewarnai kedatangan ratusan jemaah haji asal Kota Pekanbaru di Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, Rabu 5 Juli 2023. Ada 374 jamaah haji kloter II yang berasal dari Kota Pekanbaru.

Para jemaah haji asal Kota Pekanbaru yang sudah berada di tanah air pada hari ini termasuk dalam jemaah kloter dua Batam. Mereka langsung menuju EHA usai mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru.

Delapan unit bus membawa para jemaah menuju EHA. Satu persatu jemaah turun dari bus memasuki aula di EHA Riau. Sejumlah jemaah yang sudah lansia harus dibantu petugas kesehatan untuk duduk di kursi roda menuju aula EHA Riau.

"Alhamdulillah semua berjalan dengan baik. Wajah para jemaah haji cerah semua. Total ada 374 yang datang ditambah lima orang petugas. Kita sudah melaksanakan rapat untuk seluruh seksi panitia termasuk teknis pemulangan jemaah hari ini," terang Kepala Kantor Kementerian Agama Pekanbaru, Syahrul Mauludi.

Seluruh jemaah haji menjalani kegiatan pelepasan di EHA terlebih dahulu. Mereka nantinya diantar ke Kantor Kementerian Agama Pekanbaru sehingga bisa dijemput oleh keluarga.


"Setelah dari EHA, mereka akan ke Kantor Kemenag untuk dijemput keluarga, di sana juga penyerahan koper dan air zam zam," jelas Syahrul.

Para jemaah yang datang disambut langsung Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy dan Kepala Kantor Kementerian Agama Pekanbaru, dan Asisten II Setdako Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut.

Ingot mengatakan, Pemerintah Kota Pekanbaru telah mematangkan persiapan kepulangan jemaah haji. Pemerintah kota menyiapkan fasilitas transportasi.

"Selamat datang kembali bapak haji dan ibu hajah. Pemko telah siapkan dukungan berupa transportasi delapan bus, kita terus menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan," ujar Ingot.