Resmikan SPAM, Gubernur Riau Harap Warga Tak Kekurangan Air Bersih

Syamsuar772.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, meresmikan penyelenggaraan sistem penyediaan air minum (SPAM) lintas Kota Pekanbaru - Kabupaten Kampar tahap pertama akhirnya diresmikan pada Selasa, 27 Juni 2023. 

Dengan diresmikannya SPAM yang dioperasikan oleh PT PP Tirta Siak maka warga Pekanbaru dan Kampar dapat langsung menikmati air bersih ini.

Gubernur Riau, Syamsuar, dalam sambutannya menyebut SPAM ini adalah pembangunan dari swasta. Artinya, tidak ada APBN maupun APBD. Pemerintah tidak hadir, namun langsung oleh investor.

"Jika ada tahap pertama berarti ada tahap kedua. Dan ini SPAM terbesar kedua setelah Durolis yang diresmikan presiden di Rokan Hilir pada tahun lalu," ungkapnya.


Syamsuar berharap warga di Bumi Lancang Kuning tidak kekurangan air bersih. Apalagi, kata dia, Riau memiliki empat sungai besar.

"Riau punya empat sungai besar seperti Kampar, Rokan, Indragiri, dan Siak. Dengan adanya sungai ini bisa mengurangi," katanya.

Orang nomor satu di Riau menyebut air SPAM berasal dari Sungai Kampar yang kualitasnya terjaga dibanding Sungai Siak. Ia mengimbau agar tamu undangan dapat mensosialisasikan bahwa airnya dapat langsung diminum.

"Tolong jaga kualitas Sungai Kampar karena kualitasnya lebih baik dari Sungai Siak yang telah tercemar berat. Sungai Indragiri juga sudah mulai tercemar karena tambang batu bara," tegasnya.