Pawai Takbir Idul Adha, Bakal Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas di Pekanbaru

Kompol-Birgitta1.jpg
(Dok. Satlantas Polresta Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satlantas Polresta Pekanbaru akan melakukan pengalihan lalu lintas di malam takbiran Idul Adha 1444 Hijriah yang diprediksi bertepatan pada Kamis, 29 Juni 2023. Pasalnya, malam takbiran hari raya kurban ini akan menyebabkan kemacetan.

Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina Wijayanti mengatakan bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru akan menyelenggarakan Pawai Takbir pada Rabu, 28 Juni 2023, malam.

"Untuk mengantisipasi masyarakat terjebak kemacetan, tim melakukan pengalihan arus,” ujar Kompol Gitta, Selasa, 27 Juni 2023.

Kompol Gitta menjelaskan bahwa para peserta takbiran akan berkumpul di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, sebagai titik awal pawai.


Mereka akan memulai perjalanan ke arah Jalan Gajah Mada, Jenderal Sudirman. Lalu, dari Jalan Jenderal Sudirman rombongan pawai takbir akan melakukan putaran balik (U-turn) di Masjid Ar-Rahman. Pawai takbiran akan berakhir di Mall Pelayanan Publik. 

“Sementara dimulai dari pukul 19.00 WIB persimpangan jalan yang menuju ke Jalan Gajah mada dan Sudirman akan ditutup dan dialihkan saat rombongan pawai takbir melintas,” kata Kompol Gitta.

Kompol Gitta mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk Dinas Perhubungan dan Dishubkominfo Pekanbaru, untuk memastikan kelancaran rute takbiran.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas, menjaga keamanan, dan tidak melupakan makna sebenarnya dari takbiran,” pungkasnya.