11 Ha Lahan di Pekanbaru Terbakar, Muflihun: Pekebun Jangan Bakar Lahan

Karhutla-di-Pekanbaru2.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran lahan di Kota Pekanbaru sejak awal 2023 hingga kini, tercatat sudah ada sekitar 11 hektare. Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Muflihun mengatakan, mayoritas lahan yang terbakar berada di wilayah pinggiran dan berkonstruksi gambut. Terbaru kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Payung Sekaki.

"Itu kemarin di Payung Sekaki lahan satu hektare sudah berhasil dipadamkan. Saat ini panasnya luar biasa, apalagi dalam seminggu terakhir ini sampai 39 derajat celcius. Saya minta pada masyarakat tolong lebih waspada, para pekebun jangan bakar lahan," ujar Muflihun, Kamis 22 Juni 2023.

Menurutnya, sejumlah wilayah di Kota Pekanbaru terutama di daerah pinggiran memiliki struktur lahan gambut. Ia menilai kebakaran di lahan gambut cukup sulit penanganannya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat petugas sudah memadamkan api di atas permukaan bisa jadi di bawah masih terbakar. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang tinggal di area atau dekat lahan terbuka agar tidak membakar lahan sembarangan.


"Saya sudah diskusi dengan bapak Kapolresta, rapat juga dengan Forkopimda. Jangan lagi membakar-bakar lahan, Pekanbaru kan identik dengan gambut," tuturnya.

Ia juga sudah meminta kepada camat dan lurah di wilayah kerja masing-masing untuk bisa mengingatkan kepada masyarakat. Mereka juga bisa melakukan pengawasan agar tidak terjadinya kebakaran lahan.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, luas lahan kebakaran tersebut dari 19 kasus kebakaran lahan yang terjadi sejak awal tahun.

Kepala BPBD Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Alan Kurnia mengatakan, kebakaran lahan paling banyak terjadi di Kecamatan Bina Widya yakni 6 hektare lebih.

Karena itu, kebakaran lahan harus diantisipasi. Dalam penanganannya, BPBD Pekanbaru berkoordinasi dengan instansi terkait. Pihaknya juga melakukan upaya pemadaman maupun mencegah kebakaran lahan.