DPRD Riau akan Usulkan Penambahan Kuota Kelas SMA, 36 Siswa Jadi 40

Belajar-tatap-muka16.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua Komisi V DPRD Riau, Karmila Sari, menyampaikan wacana kuota siswa dalam satu kelas di tingkat SMA.

Ia mengatakan, hal itu dimaksimalkan satu kelas menjadi 40 siswa dari yang semula 36 siswa. Tujuannya, kata Karmila, agar bisa menampung lebih banyak siswa di SMA. 

“Itu permintaan dan usulan, artinya pusat akan menerima sesuai kebutuhan. Tidak semua provinsi menerima yang sama. Kita juga kan sudah ada visi-misi 12 tahun itu wajib belajar, karena sekarang ini kan masih 9,3 jauh,” ujarnya, Selasa, 20 Juni 2023.


Hal itu diusulkan DPRD Riau, sebab kata Karmila, sesuai undang-undang di mana setiap warga negara harus mendapatkan hak yang sama dalam pendidikan.

“Nah sekarang kami mengusulkan ke kementerian. Ada usia produktif yang bisa masuk SMA dibandingkan dengan daya tampung. Itu jadi pertimbangan juga nantinya,” kata Karmila.

“Misal Jawa Barat dan Yogyakarta punya kebijakan yang berbeda, itu bisanya pusat menilai ada usulan atau tidak. Di situ kebutuhan kita terlihat,” tutupnya.