45 Lembaga Lingkungan Kampanye Perubahan Iklim di CFD Pekanbaru

Kampenye-lingkungan.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 45 komunitas yang tergabung dalam pegiat lingkungan melakukan kampanye lingkungan hidup perubahan iklim tanggung jawab bersama di Car Free Day (CFD) Pekanbaru, Ahad, 4 Juni 2023.

Koordinator aksi, Fachrul Adam, mengajak seluruh elemen masyarakat baik NGO, komunitas, mahasiswa pecinta alam, pemusik jalanan, dan lainnya untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Pada aksi ini diikuti oleh 45 lembaga yang mana mengangkat tema perubahan iklim adalah tanggung jawab bersama," jelasnya.

Dalam kegiatan ini, mereka turuk membagikan bibit pohon dan memberikan cek kesehatan gratis kepada masyarakat di CFD. Tak hanya itu, mereka yang tergabung dalam aksi ini juga akan mencabut paku bersama.


Dua spanduk besar bertuliskan perubahan iklim tanggung jawab bersama dan Riau bebas asap 2023 dibentangkan untuk mengingatkan pemerintah agar serius mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau.

Tulisan aksi perubahan lingkungan turut dipajang di pelataran pejalan kaki, tepatnya di depan kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. 

Beberapa di antaranya bertuliskan "Tidak ada keadilan ekologis tanpa keadilan gender" Ada juga, "Perempuan berdaulat, rakyat dan bumi selamat”, serta "Hutan paru-paru dunia".