Cegah Pengemudi Narkoba, Sopir Angkutan Mudik Bakal Tes Urine

Bus-di-BRPS.jpg
(Youtube/Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para sopir angkutan mudik Lebaran 2023 di Kota Pekanbaru bakal menjalani tes urine. Hal ini untuk memastikan tidak ada oknum pengemudi yang mengkonsumsi narkoba.

"Kita akan lakukan aksi tes urine, dalam rangka pengemudi bebas narkoba, ini untuk keselamatan para pemudik," tegas Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso.

Menurutnya, para pengemudi punya peran penting dalam membawa kendaraan penumpang pada mudik lebaran ini. Adanya tes urine ini untuk mencegah terjadinya human error saat mudik.

Dirinya menilai bahwa sopir yang mengkonsumsi narkoba tentu membahayakan para penumpang. Tes urin rencananya digelar jelang memasuki mudik Idul Fitri 1444 H.


Tes urine juga untuk memastikan keselamatan para penumpang angkutan lebaran tahun ini.

"Kebijakan tes urine adalah hasil kesepakatan dengan instansi terkait," ujarnya.

Yuliarso menjelaskan pelaksanaan tes urine bakal berlangsung di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki. Ia menyebut bahwa terminal itu menjadi pusat angkutan mudik jalur darat di Kota Pekanbaru.

"Seluruh angkutan penumpang, sudah dikonsentrasikan di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, untuk naik dan turun," ulasnya.

Tes urine ini nantinya digelar lewat kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pekanbaru. Mereka juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Riau dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau.