Peduli Zakat, Gubernur Riau Diundang Presiden ke Istana Negara

Syamsyuar665.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, menjadi satu dari enam gubernur di Indonesia yang menghadiri undangan Presiden Joko Widodo pada Selasa, 28 Maret 2023. Syamsuar mengikuti penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tahun 2023 di Istana Negara. 

Selain Gubernur Riau, kepala daerah lainnya yang turut diundang presiden ke istana adalah Gubernur Jambi, Sumatera Utara, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya menunaikan kewajiban zakat bagi umat Muslim sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

Presiden yang didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Ketua Baznas Noor Achmad, mengimbau seluruh umat Islam menunaikan kewajiban berzakat melalui amil zakat resmi. Tentunya, agar turut berpartisipasi dalam usaha pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan.


"Saya juga mengimbau kepada pejabat-pejabat negara, aparatur sipil negara, BUMN, dan seluruh kepala daerah di seluruh Tanah Air untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas sehingga dana zakat dapat dikelola dengan profesional, transparan," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau, Syamsuar, juga menerima penghargaan Baznas Award 2023 sebagai Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat pada 21 Maret 2023 yang diwakili Asisten I Sekdaprov RIau, Masrul Kasmy.  

Orang nomor satu di Riau itu dinilai sebagai kepala daerah yang peduli terhadap zakat. Syamsuar dinilai berhasil mendorong dan meningkat pengelolaan zakat secara maksimal di daerah.

Setiap bulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berhasil mengumpulkan zakat sekira Rp 3,5 miliar yang diambil dari pemotongan gaji ASN muslim sebesar 2,5 persen. Jika diuangkan Rp 4.2 Miliar per tahunnya.