Masyarakat Riau Dihantui Aksi Kejahatan, Kapolda: Semua Kapolres Maksimal Patroli

Kapolda-Riau-Irjen-Iqbal-1.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Riau tengah dihantui aksi kejahatan yang tengah marak terjadi, terutama di Kota Pekanbaru. Mulai dari kasus pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas/jambret) atau pencurian kendaraan bermotor (curanmor) atau 3C. 

Baru-baru ini kejahatan perampokan diduga menggunakan senjata api juga kian marak di Kota Bertuah. Berawal dari aksi perampokan di gerai BRILink di Jalan Muhajirin, Pekanbaru, Minggu 19 Februari 2023.

Pada Minggu 5 Maret 2023 lalu, perampokan kembali terjadi. Pelaku perampokan menyasar petugas bank yang tengah melakukan pengisian ulang ATM Panin Bank di Jalan Tanjung Datuk, Kelurahan Pesisir, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru. Seorang sekuriti yang mengawal proses pengisian ulang uang ATM tersebut bahkan menjadi sasaran penembakan para pelaku perampokan.

Terbaru Kamis 9 Maret 2023 hari ini, perampok bersenjata api menyatroni toko retail Alfamart di Kubang. Pelaku menodongkan senjata ke arah wanita yang bertugas sebagai kasir toko tersebut. Sementara, belum diketahui jumlah kerugian yang dialami toko retail itu. 

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, pun telah memerintahkan semua kapolres jajaran untuk melaksanakan patroli di daerah rawan kejahatan.  

"Saya sudah minta semua kapolres untuk maksimal melaksanakan patroli pada lokasi rawan dan jam rawan 3C, terutama curas," ujar Irjen Pol M Iqbal kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 9 Maret 2023. 


Mantan Kadiv Humas Polri ini mengaku akan menangkap para pelaku agar dapat kembali memberikan rasa aman kepada masyarakat. 

"Kita akan segera kejar dan tangkap pelaku-pelaku ini. Doakan saja tidak lama lagi kita tangkap pelaku-pelaku ini," pungkasnya. 

Sementara itu hingga kini, pelaku maupun motif di balik perampokan tersebut belum kunjung terungkap dan memicu kekhawatiran masyarakat Kota Pekanbaru.

Kendati begitu, Irjen Iqbal menyebut pihaknya telah mengantongi identitas pelaku perampokan di Jalan Muhajirin. Ia berjanji akan mengungkapnya dalam waktu dekat.

"Untuk perampokan di Muhajirin, identitas pelaku sudah kita kantongi dan segera kita tangkap," tegas Irjen Iqbal kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 6 Maret 2023.