Tak Becus Urus Jalan Rusak, Tokoh Pemuda Pekanbaru Minta Indra Pomi Dicopot

Indra-Pomi5.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru saat ini dipegang oleh Indra Pomi Nasution. Namun, Indra Pomi juga memegang jabatan strategis lainnya di lingkungan pemerintah kota.

 

Saat ini dirinya masih menjadi pejabat defenitif sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan terkait kinerjanya.

 

Persoalan jalan rusak masih menjadi hal serius yang menjadi tanggung jawab PUPR Kota Pekanbaru. Ada 190 titik ruas jalan rusak belum tersentuh perbaikan secara menyeluruh.

 

Ruas jalan terlihat di Jalan Parit Indah, Jalan Darma Bakti, Jalan Dahlia, Jalan Suka Karya dan Jalan Cipta Karya. Kondisi serupa juga terlihat di Jalan Delima dan sekitar kawasan Sukajadi.

 

Ada juga jalan rusak akibat bekas proyek galian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang belum direkondisi.

 

Tokoh Muda Pekanbaru sekaligus Wakil Ketua KNPI Riau, Ade Monchai menyoroti keluhan masyarakat Kota Pekanbaru terkait jalanan kota yg rusak parah. Ia juga melihat masih ada jalan rusak di Jalan Cempaka Kecamatan Senapelan dan Jalan Rajawali Kecamatan Sukajadi.

 


Dirinya menilai Kadis PUPR tidak mestinya rangkap jabatan. Ia menyebut bahwa Indra Pomi bisa fokus kepada sejumlah pekerjaan rumah yang menumpuk.

 

"Kadis PUPR  Kota Pekanbaru Indra Pomi seharusnya fokus mengerjakan pr nya, yang mana jalanan rusak ini sebagai tanggungjawabnya dan juga masalah banjir, bukan malah ngotot rangkap jabatan," ujarnya, Rabu 2 Februari 2023.

 

Ade juga meminta Pj Wali Kota Muflihun bisa lebih objektif dalam memberikan jabatan kepada anak buahnya. Apalagi jabatan tersebut merupakan jabatan strategis di lingkungan pemerintah kota.

 

"Kalau perlu copot atau ganti lah, Indra Pomi Kadis PUPR karena dinilai tak layak berada di posisi tersebut," paparnya.

 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru Baharuddin, memastikan saat ini Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru masih dijabat Indra Pomi sebagai penjabat definitif.

 

"Masih, ini kan belum kosong, masih berisi. Indra Pomi kan Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, tapi status masih Kadis PUPR," paparnya, Rabu 25 Januari 2023.

 

Namun Baharuddin enggan menaggapi saat ditanya apakah dengan rangkap jabatan ini akan mengganggu kinerja, mengingat pekerjaan rumah Kadis PUPR cukup banyak.

 

 

 

"Itu tak bisa saya tanggapi," singkatnya.

 

Indra Pomi dilantik sebagai Pj Sekda Kota Pekanbaru oleh Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun pada Kamis, 24 November 2022. Dengan adanya jabatan baru, kini dirinya merangkap dua jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.