Jorginho Jadi Pemain Italia Keempat yang Pernah Berseragam Arsenal

Jorginho.jpg
(@arsenal)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Arsenal kini kembali diperkuat pemain asal Italia, Jorginho. Arsenal merupakan salah satu klub yang rajin mendatangkan pemain dari luar negeri. Banyak pemain dari berbagai negara yang pernah membela klub asal London tersebut.

Akan tetapi, biasanya Arsenal lebih kerap mendatangkan atau dibela oleh pemain asal Prancis. Hal ini tak lepas dari sosok Arsene Wenger yang melatih klub berjuluk The Gunners itu.

Pelatih legendaris asal Prancis ini tercatat menukangi Arsenal selama 22 tahun, yakni sejak tahun 1996 hingga tahun 2018.

Karena figure Wenger ini, Arsenal rajin dibela oleh pemain Prancis, bahkan hingga pria berusia 73 tahun itu telah angkat kaki.

Hingga saat ini, tercatat ada 31 pemain Prancis yang tercatat pernah membela Arsenal dari awal klub berdiri pada 1886 silam.

Dari sekian banyak negara penghasil pemain hebat, hanya Italia saja yang mungkin menjadi negara dengan jumlah pemain paling sedikit di Arsenal.


Sebab sepanjang sejarahnya, hanya ada empat pemain Italia yang membela Arsenal. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Arturo Lupoli

Dilansir dari Transfermarkt, pemain Italia pertama yang bermain untuk Arsenal adalah Arturo Lupoli kala dirinya bergabung dari Parma pada 2004 silam.


Saat itu, Arsenal menebusnya dengan harga 300 ribu euro, mengingat Lupoli masih berusia 17 tahun dan dianggap prospek cerah.

Sayang Lupoli tak mampu bersinar. Ia banyak dipinjamkan ke berbagai klub dan dilepas dengan status bebas transfer pada 2007 ke Fiorentina dengan mencatatkan 9 penampilan bagi Arsenal.

2. Vito Mannone

Arsenal juga pernah mendatangkan kiper asal Italia, yakni Vito Mannone pada 2005 dari akademi Atalanta atau Atalanta Primavera.

Saat itu, Arsenal menebusnya dengan harga cukup besar yakni 500 ribu euro bagi remaja yang baru berusia 17 tahun kala itu.

Sama seperti Lupoli, Mannone banyak dipinjamkan dan lebih sering jadi kiper pelapis di tim utama. Ia hanya 23 penampilan bagi Arsenal sebelum akhirnya dilepas pada 2013 ke Sunderland.

3. Emiliano Viviano

Usai Vito Mannone, Arsenal mendatangkan kiper asal Italia lainnya, yakni Emiliano Viviano pada tahun 2013 dari Palermo dengan status pinjaman.

Saat itu, Viviano diharapkan bisa bersaing dengan kiper lainnya yakni Wojciech Szczesny dan Lukasz Fabianski di bawah mistar Arsenal.

Karena kalah bersaing, Viviano pun tak pernah tampil bagi Arsenal dan kemudian dipulangkan ke Palermo di tahun 2014.

4. Jorginho

Jorginho menjadi pemain Italia terbaru Arsenal. Uniknya, pemain berusia 31 tahun ini bukanlah asli negara tersebut, mengingat ia berasal dari Brasil dan memilih kewarganegaraan Italia.

Jorginho didatangkan Arsenal di bursa transfer Januari 2023, tepat jelang penutupan bursa transfer dari rivalnya, Chelsea, dengan harga 12 juta poundsterling.

Di Arsenal, Jorginho sendiri diikat dengan kontrak berdurasi 1,5 tahun atau hingga 2024 dengan opsi perpanjangan untuk satu tahun ke depan dikutip dari suara.com