Warganet Keluhkan Buruknya Pelayanan RSUD Arifin Achmad di Unggahan Sidak Jokowi

Presiden-Jokowi-sidak-di-rsud.jpg
(Instagram/Jokowi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Warganet mengeluhkan buruknya pelayanan di RSUD Arifin Achmad di unggahan Instagram Presiden Joko Widodo (Jokowi). Unggahan tersebut tentang sidak Jokowi ke RSUD Arifin Achmad pada Kamis, 4 Januari 2023 lalu.

"Berkunjung ke RSUD Arifin Achmad setiba di Kota Pekanbaru, siang ini. Di sini saya meninjau ruang perawatan kelas III serta ke bagian proses pendaftaran BPJS. Saya ingin melihat pelayanan BPJS di RSUD," tulis Jokowi.

Menanggapi hal itu, warganet menyerbu unggahan itu dan mengeluhkan buruknya pelayanan RSUD Arifin Achmad.

"Itu ruangan kelas 1 pak, sejak kapan kelas 3 jadi kaya gitu, kalau ruangan kelas 3 lagi penuh baru dipindahkan sementara disitu kalau gak penuh bapak liatlah ruangan kelas 3 sebenarnya gimana, air kamar mandi kadang MATI, perawat semua judes-judes," tulis akun chantikajanu***.

Ada pula yang meminta peningkatan pelayanan RSUD Arifin Achmad, karena selama ini dianggap buruk. "Pelayanan RSUD Arifin Ahmad buruk pak. Sudah banyak keluhan dari pasien dan keluarga pasien. Namun belum ada gebrakan apapun baik dari manajemen rumah sakit apalagi Pemprov Riau," komentar akun ssc_ri**.

Beberapa warganet lainnya menilai RSUD Arifin Achmad sudah mempersiapkan segalanya menjelang kedatangan Presiden Jokowi.

"Jangan kasih info kalo mau datang pak, biar bapak tau aslinya pelayanan di RS itu.. Sudah banyak banget keluhan tentang buruknya pelayanan d sana," ujar pito.copykopi**

"Bapak, terima kasih sudah mengunjungi kota bertuah, Pekanbaru ini, mungkin lain x pas Bapak mau datang, gak usah kasih tau Pak, mana aja yg mau Bapak kunjungi. Biar kasih shock therapy dulu Pak," terang akun lainnya, foodie***.

Selanjutnya, akun candra.roh** menyambut kedatangan orang nomor 1 di Indonesia itu. "Selamat datang di RS dengan pelayanan paling buruk se-provinsi Riau bapak. Semoga ada perbaikan ya pak," ujarnya.

"Jadi masalah adalah permainan ruangan rawat penuh Pak Jokowi. Ini pengalaman padahal masih ada," komentar akun lainnya, ariefizzu**.

Sekalipun warganet memuji peningkatan pelayanan BPJS, tetap saja di beberapa bagian ada kekurangannya.

"Alhamdulillah pelayanan BPJS sudsh mulai baik, tapi di beberapa tempat masih ada yang kurang bagus pelayanannya apalagi kalau pakai BPJS serasa diremehkan, semoga pemerintah memperhatikan ini dan seluruh RS memperbaiki kualitasnya," tutur hanzee**.

Kolom komentar Instagram/Jokowi


"Kalau Pak Presiden yang sidak ya pelayanan pasti berjalan baik sesuai SOP, tapi kalau masyarakat yang datang pelayanan buruk, prosedur berbelit-belit dan waktunya lama," tegas akun danuwibowo**.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengunjungi RSUD Arifin Achmad guna memastikan berjalannya BPJS. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku, dirinya melihat langsung ke bagian pendaftaran, pelayanan obat, hingga ke kamar pasien.

"Tadi saya juga menjumpai beberapa pasien, dan mereka mengaku dilayani dengan baik," katanya.

Sebab itu, Jokowi berharap agar tak hanya di Pekanbaru, pelayanan BPJS di Indonesia harus lebih optimal lagi. Baik itu milik nasional, provinsi, kabupaten maupun swasta yang ikut dalam BPJS.

"Tadi saya lihat di RSUD pelayanan jantung, kanker, dan stroke semuanya berjalan dengan baik," tutup Jokowi.