Pedagang Nakal Manfaatkan Momen Nataru, BPPOM Perkuat Pengawasan

Kepala-BPOM-Pekanbaru.jpg
(TIKA AYU/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Balai Be­sar Pengawas Obat dan Ma­ka­nan (BBPOM) Kota Pekanbaru mengaku memperkuat pengawasannya selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

 

Kepala Balai BPOM Pekanbaru, Yosef Dwi Irwan mengatakan sebab saat Nataru permintaan akan suatu produk tertentu menjadi meningkat.

 

"Biasanya diimbangi pula dengan pedagang atau pelaku usaha nakal yang memanfaatkan momen tersebut. Ntah dioploslah, kadaluarsa atau tidak ada izin edarnya,’’ ujarnya, Senin 26 Agustus 2022. 

 

Namun, Irwan menegaskan pihaknya rutin melakukan pengawasan bukan hanya di momen besar seperti Ramadan ataupun Nataru.

 

"Jangan sampai asumsinya, BPOM hanya bekerja di momen Ramadan, Idulfitri, Nataru arau momen besar lainnya. Karena pengawasan pada dasarnya menjadi tugas rutin kami,’’ tandasnya.

 


Irwan pun mengimbau kepada seluruh pedagang, produsen ataupun pelaku UMKM untuk memasarkan produk sesuai standar dan wajib mengantongi izin edar dari BPOM.

 

Sedangkan kepada konsumen, ia meminta agar bisa menjadi konsumen yang bijak dan cerdas. 

 

 

 

‘’Tingkat kesadaran masyarakat dalam hal memilih produk kini sudah cukup tinggi. Banyak yang kritis dan menanyakan izin BPOM kepada pedagang atau produsen. Itu adalah hal yang baik karena memang konsumen memiliki hak untuk mendapatkan produk yang baik,’’ pungkasnya.