1000 Anak Ditargetkan Imunisasi dalam Gebyar Imunisasi Anak Nasional Riau

Gebyar-Imunisasi-Anak-Nasional-Riau.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gebyar Imunisasi Anak Nasional Riau 2022 di Kota Pekanbaru masih berlangsung. Para orangtua masih bisa membawa bayi atau balitanya ke halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman.

 

Di sana mereka secara bergantian mendapat imunisasi dari petugas kesehatan di tenda layanan. Imunisasi ini tersedia bagi anak usia nol hingga 15 tahun.

 

 

Rencananya layanan imunisasi ini buka hingga 27 November 2022 mendatang. Masyarakat masih punya waktu membawa bayi atau balita yang belum mendapat imunisasi lengkap bagi bayi nol hingga 9 bulan.

 

"Target kegiatan imunisasi ini berjumlah seribu anak, dalam waktu kurang lebih empat hari ke depan," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Surya Delfira.

 

Menurutnya, anak-anak bisa mendapat imunisasi rutin, imunisasi bayi berupa imunisasi polio tetes dan injeksi. Kemudian ada imunisasi BCG, DPT serta imunisasi DT dan Td.

 

Lalu imunisasi kejar bagi bayi yang belum imunisasi rutin. Bagi anak usia 9 bulan hingga 15 tahun bisa mendapat imunisasi campak rubella.


 

"Kita mengimbau kepada seluruh orangtua, mohon agar segera membawa anak-anak, yang belum mendapat imunisasi rutin atau imunisasi dasar lengkap," paparnya.

 

Delfi mengatakan ada empat tim dari puskemas melayani para ibu yang hendak memberi imunisasi untuk anaknya. Mereka siap melayani orangtua yang membawa bayi dan balita hingga akhir pekan nanti.

 

 

Kegiatan kampanye Indonesia Sehat Berseri ini ditaja WINGS Group Indonesia melalui SoKlin Antisep bersama dengan Pemerintah Provinsi Riau dan UNICEF Indonesia.

 

Kampanye ini mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta meningkatkan kesadaran para orangtua untuk rutin membawa anak mereka ke fasilitas kesehatan demi mendapatkan imunisasi dasar sesuai dengan usia anak.