Waspada, 7 Warga Pekanbaru Diduga Terindikasi Omicron XBB

Omicron-XBB.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Waspada, tujuh warga Pekanbaru diduga terindikasi Omicron XBB. Varian baru virus Covid-19 XBB terindikasi sudah menyebar di Kota Pekanbaru. Sebanyak tujuh kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru diduga varian XBB. 

 

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru masih menanti hasil pemeriksaan di Laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan RI. Mereka sudah menyerahkan sampel tersebut untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

 

"Kita masih menunggu hasil pemeriksaan sampelnya, karena kita tidak bisa memastikan itu varian XBB atau bukan," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Senin 14 November 2022.

 

Meski belum diketahui hasil pemeriksaan, Zaini menyampaikan bahwa kasus tersebut bisa saja sudah menyebar. Karena sejumlah kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru memiliki kemiripan dengan ciri varian XBB. 


 

Ia menyebut bahwa daya serang terhadap pasien lebih rendah dari varian sebelumnya. Kondisi ini membuat pasien lebih cepat sembuh dibandingkan varian biasanya.

 

"Mereka yang terkonfirmasi biasanya tiga hingga lima hari sudah sembuh," paparnya. 

 

 

Zaini tetap mengimbau agar masyarakat mewaspadai penyebaran varian baru Covid-19 yakni varian XBB. Apalagi penularannya bisa begitu cepat dibanding varian sebelumnya.

 

"Gejalanya juga lebih ringan berupa pilek ringan. Walau bisa cepat sembuh, penularannya juga bisa sangat cepat. Maka harus kita waspadai," ungkapnya.