Siang Ini, KAMMI Riau Demo Tolak Rencana Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Konpres-KAMMI-Riau.jpg
(Istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Riau bakal turun menggelar unjuk rasa di Gedung DPRD Riau, Jumat, 2 September 2022, siang. Seruan unjuk rasa ini dipicu oleh wacana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Mengundang seluruh kader KAMMI se-wilayah Riau untuk turun ke jalan menolak wacana kenaikan harga BBM dan menumpang kebatilan serta jajarannya," tegas pengurus wilayah KAMMI Riau.

Adanya kenaikan harga BBM bersubsidi sesuai dengan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan, pada 21 Agustus 2022, dan pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani pada 26 Agustus 2022, bahwa jika BBM tak naik, APBN Tahun depan akan terbebani. Hal ini juga perkuat dengan pernyataan Presiden RI Joko Widodo bahwa APBN sudah terlalu terbebani, subsidi BBM sudah menyentuh angka 502 triliun.

Sesuai dengan Pasal 33 ayat 3 UUD 1945 Pasal 33 ayat (3) menentukan, "Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat".

Maka subsidi BBM melalui pemberian harga terjangkau menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia untuk menjamin kesejahteraan dan keberlangsungan kehidupan Rakyat Indonesia. Wacana penaikan subsidi BBM merupakan tindakan yang mengabaikan kepentingan Rakyat Indonesia.


 

 

"Provinsi Riau sebagai penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia, sudah selayaknya Pemerintah Indonesia mempertimbangkan wacana kenaikan harga BBM bersubsidi yang akan berdampak secara khusus di Provinsi Riau," tegas KAMMI.

Dalam aksi siang ini, KAMMI Riau menyampaikan beberapa tuntutan yang harus diterima dan dilaksanakan oleh Pemerintah RI. Di antaranya:

1. Menolak Pemerintah Menaikkan Harga BBM Bersubsidi
2. Mendesak Pemerintah Kendalikan Harga Barang-Barang Pokok
3. Mendesak Pemerintah Tunda Proyek Strategis (PSN) Yang Tidak berdampak Langsung Bagi Masyarakat dan alihkan Anggaran Untuk Subsidi BBM
4. KAMMI Riau Mendesak Pemerintah RI dan Pertamina untuk menjamin Stok BBM Solar dan Pertalite di Riau hingga Akhir Tahun

"Maka dari itu KAMMI Riau menghimbau dan mengajak seluruh kader KAMMI se-Riau, masyarakat Riau yang akan terdampak wacana kenaikan harga BBM bersubsidi untuk ikut membersamai aksi KAMMI Riau di depan gedung DPRD Riau, Jumat 2 September 2022 Pukul 14:30 WIB," tegas KAMMI.