Semarak HUT ke-77 RI, Unilak Gelar Lomba Karya Tulis Tingkat SMA

Lomba-karya-tulis-UNILAK.jpg
(Istimewa)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau menggelar Lomba Karya Tulis untuk pelajar SMA/MA/SMK sederajat tingkat Provinsi Riau. Peluncuran lomba karya tulis ilmiah ini dilakukan di lapangan upacara Unilak tepat di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun.

Adapun tema lomba karya tulis ilmiah, yaitu science and technologi for humanity atau ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kehidupan.

Lomba dibagi dalam dua kategori, yakni Kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berupa bidang Fisika, Teknik, Energi, Sistem Software, Matematika, Mekanika dan Elektronika, Ilmu Komputer, Robotic dan Inteligent mechine, Teknik Lingkungan dan Teknik Material Science. Selanjutnya Kategori Ilmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dapat berupa bidang Politik, Sejarah Geografi, Sosiologi, Antroplog, Psikologi dan lainnya.

Rektor Unilak, Junaidi, mengatakan lomba karya tulis diadakan oleh LPPM Unilak dalam rangka menumbuhkan kembangkan semangat dan budaya menulis bagi pelajar SMA/sederajat di Riau.

"Kami percaya dan yakin bahwa anak-anak Riau memiliki kemampuan dan menulis, sehingga dari lomba ini mereka akan terlatih, lomba tulis ini mampu merangsang daya pikir pelajar di Riau, mengembangkan penelitian berbasis tulisan, menambah pengetahuan, dan dapat memberikan citra positif diri bagi penulis." ujar Junaidi, Rabu 17 Agustus 2022.

 


 

Dikatakan Junaidi, panitia akan menyediakan hadiah jutaan rupiah, sertifikat dan trophy untuk 5 orang juara/pemenang.

"Kami berharap pihak sekolah dan guru guru di Riau dapat mengikutsertakan pelajar dalam lomba karya tulis Unilak ini," imbuhnya.

Sementara, pendaftaran dan pengumpulan karya dilakukan mulai 1-25 Agustus 2022, seleksi karya tulis 26-31 Oktober 2022, pengumuman finalis 1 November 2022 dan grand final 16-17 November 2022.

Adapun persyaratan peserta merupakan pelajar SMA/MA/Sederajat yang di buktikan dengan kartu pelajar. Setiap tim terdiri dari minimal 2 pelajar dan maksimal 3 pelajar dan 1 orang sebagai ketua tim.

Setiap orang hanya boleh menjadi satu ketua tim untuk satu karya tulis, setiap tim wajib memiliki guru pembimbing. pemenang lomba merupakan peserta yang mendapatkan nilai akumulasi tertinggi.

Untuk laman pendaftaran dapat dilihat di https://lkti.unilak.ac.id/. Sedangkan informasi mengenai lomba dan lainnya dapat menghubungi Guntoro 0852 7122 0118, Windya 0852 7162 0554, dan Olivia 0811 7581 987 atau dapat melihat di website dan sosial media Unilak.